Wah, YouVersion Sediakan Tools Untuk Bantu Kesehatan Mental
Sumber: canva.com

Health / 16 May 2023

Kalangan Sendiri

Wah, YouVersion Sediakan Tools Untuk Bantu Kesehatan Mental

Wisnu Prianggani Contributor
1253

YouVersion adalah sebuah aplikasi Alkitab yang memiliki tujuan untuk menghubungkan orang percaya dengan Firman Tuhan agar dapat meningkatkan kesehatan mental dan membantu menemukan ketenangan pikiran. Pada bulan Mei yang merupakan Bulan Kesadaran Kesehatan Mental, YouVersion mendorong semua orang untuk mengutamakan kesehatan mental mereka dengan terlibat dalam membaca Alkitab dan membangun hubungan yang berpusat pada Kristus.

Menurut laporan baru dari Surgeon General Amerika Serikat, banyak orang Amerika kurang memiliki koneksi sosial yang dapat menyebabkan kesehatan yang buruk dan hasil negatif lainnya. Kesepian dan isolasi sosial meningkatkan risiko kematian dini sebesar 26% dan 29%, masing-masing. Bahkan, kekurangan koneksi sosial dapat meningkatkan risiko kematian sebanyak merokok 15 batang rokok sehari. Selain itu, koneksi sosial yang buruk atau tidak mencukupi dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit seperti jantung, stroke, kecemasan, depresi, dan demensia.

 

Baca Juga: Teguhkan Kembali Imanmu Dengan 15 Ayat Alkitab Ini

 

Menurut data yang disediakan oleh YouVersion, selama pandemi COVID-19, penggunaan aplikasi YouVersion meningkat pesat. Selama tahun 2020, aplikasi ini mencatat lebih dari 43,6 miliar bab Alkitab dibaca di seluruh dunia. Angka ini meningkat 40% dibandingkan tahun sebelumnya, dan menunjukkan bahwa banyak orang telah mencari koneksi sosial melalui iman mereka selama masa pandemi ini.

YouVersion telah menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat menjadi sumber koneksi sosial dan dukungan bagi orang-orang yang membutuhkannya. Seperti yang dijelaskan dalam laporan Surgeon General, koneksi sosial dapat membantu meningkatkan kesehatan mental dan mengurangi risiko kematian dini, serta berbagai risiko penyakit lainnya.

Tentu saja, YouVersion tidak dapat menjadi satu-satunya solusi untuk kesepian dan isolasi sosial. Namun, aplikasi ini memberikan kesempatan bagi orang untuk terhubung dengan teman-teman yang memiliki nilai-nilai yang sama dan membangun hubungan yang berpusat pada iman mereka. Selain itu, dengan ribuan Rencana yang tersedia dalam aplikasi, orang dapat mempelajari Alkitab bersama-sama dan menemukan kedamaian dan harapan di tengah kecemasan dan ketidakpastian yang dirasakan selama pandemi ini.

 

Baca Juga: Akhirnya! LAI Luncurkan Alkitab Terjemahan Baru 2 Setelah 50 Tahun Dinanti

 

YouVersion melihat aplikasinya sebagai kesempatan untuk mendorong orang untuk memperkuat hubungan mereka dan meningkatkan kesehatan mental mereka. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur yang membantu orang tetap terhubung satu sama lain melalui firman Tuhan, yaitu:

 

1. Teman

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menambahkan teman dan terhubung dengan kelompok kecil teman terpercaya dalam aplikasi sehingga mereka dapat tumbuh dalam iman bersama. Setelah permintaan teman diterima, kedua orang dapat melihat dan meninggalkan komentar pada aktivitas keterlibatan Alkitab masing-masing dengan mengetuk Komunitas di bagian atas Feed Beranda.

 

2. Rencana bersama Teman

Fitur ini menawarkan cara yang sederhana dan mudah bagi orang untuk mempelajari Alkitab bersama dengan orang lain yang peduli dengan pertumbuhan rohani mereka. Orang dapat memilih salah satu dari ribuan Rencana yang tersedia dalam aplikasi, termasuk Rencana pada beberapa topik yang paling dicari seperti kecemasan, damai, dan harapan.

 

Baca Juga: 5 Fakta Tentang Alkitab Terjemahan Baru Edisi Kedua (TB2)

 

3. Doa

Fitur Doa membantu orang tumbuh dalam kehidupan doa harian mereka dan mengalami kekuatan doa dalam komunitas. Selain dapat menambahkan doa pribadi ke daftar mereka, orang dapat membagikannya dengan teman di aplikasi.

 

4. Temukan Gereja Terdekat

Siapa saja yang ingin terhubung dengan gereja lokal dapat menggunakan fitur Temukan untuk menemukan gereja di dekat mereka.

Dengan fitur-fitur ini, YouVersion ingin membangun komunitas yang saling terhubung dan mendukung satu sama lain dalam iman mereka. Aplikasi ini menawarkan cara yang mudah dan praktis bagi orang untuk terhubung dengan orang lain yang memperhatikan pertumbuhan rohani mereka. YouVersion percaya bahwa pertumbuhan rohani terbaik terjadi dalam konteks hubungan dan mereka sangat terhormat untuk memainkan peran dalam membantu orang menemukan harapan, damai, dan hubungan yang bermakna saat mereka terlibat dalam Firman Tuhan bersama-sama.

Halaman :
1

Ikuti Kami