Rancangan Tuhan VS Rancangan Manusia
Kalangan Sendiri

Rancangan Tuhan VS Rancangan Manusia

Lori Official Writer
      2102

Ayat Renungan: 

Yeremia 29: 11, “Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.”

Yesaya 55: 8, “Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN.”

 

Pagi ini kita akan belajar tentang betapa dahsyatnya rancangan Tuhan atas hidup kita. Karena itu kita perlu memiliki perspektif ilahi atas diri kita. Saat kita memiliki konsep berpikir Allah, kita bisa lebih mudah menangkap pikiran Allah.

Sama halnya seperti kita naik pesawat, cobalah duduk di dekat jendela pesawat. Dari sana kita bisa memandang ke sekitar dan menyadari bahwa Tuhan punya konsep pemikiran yang jauh lebih dahsyat dari kita mengenai alam semesta ini. Jadi kita perlu mengupgrade pemikiran kita. 

Mungkin kita berpikir tentang keluarga dan segudang persoalannya, atau keuangan kita yang sedang sulit. Semua pemikiran ini bisa membawa kita kepada pandangan yang negatif atas hidup kita. Tapi tahukah bahwa Tuhan punya rancangan yang jauh lebih besar atas hidup kita dibandingkan dari itu. Sama seperti disampaikan dalam Yeremia 29: 11, “Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.”

Saat kita mau mengupgrade pengertian kita, maka kita akan mendapatkan satu pandangan baru yang akan membantu kita untuk memahami seberapa indah rancangan Allah atas hidup kita. 

Untuk mencapai rancangan yang sudah Tuhan sediakan untuk hidup kita, kita perlu tahu 4 jaminan ini.

1. Jaminan Penyertaan. Tuhan sudah memberikan dirinya sebagai jaminan atas rancangan Tuhan yang pasti dalam hidup kita yaitu kehidupan kekal.

2. Jaminan Penyediaan. Untuk mencapai apa yang Tuhan rancangkan, jangan pernah takut. Karena surga tidak pernah kekurangan sesuatu apapun untuk menjamin kita. Dalam Filipi 4: 19, “Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus.”

3. Jaminan Kekuatan. Efesus 6: 10 berkata, “Akhirnya, hendaklah kamu kuat di dalam Tuhan, di dalam kekuatan kuasa-Nya.”

4. Jaminan Kemenangan. Yesaya 41: 10, berkata “Akhirnya, hendaklah kamu kuat di dalam Tuhan, di dalam kekuatan kuasa-Nya.janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.” 

Jadi apakah kita masih dipenuhi pikiran negatif tentang masa depan kit? Kita bisa memegang empat jaminan di atas bagi masa depan kita.

 

Action: Pikiran negatif apa yang belakangan ini menyerangmu? Jika saat ini kamu sedang membatasi hidupmu dan masa depanmu, mari perkatakan ayat firman dalam Yeremia 29: 11 atas hidupmu.

Ayat Hafalan: Roma 8: 28, “Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.”

Hak cipta @Maria Kaesmetan

Ikuti Kami