Bukan Sembarang Dekorasi, Pernak-pernik Natal Punya Arti Tersendiri Lho!
Sumber: canva.com

Kata Alkitab / 5 December 2023

Kalangan Sendiri

Bukan Sembarang Dekorasi, Pernak-pernik Natal Punya Arti Tersendiri Lho!

Claudia Jessica Official Writer
1138

Saat bulan Desember tiba, kita bisa menemukan pernak-pernik hiasan Natal di berbagai tempat. Mulai dari tempat umum seperti mall, kantor, bahkan di jalan umum hingga rumah kita masing-masing.

Pohon Natal tertata rapi dengan lampu hias warna-warni, dekorasi seperti salju, permen, hingga kaus kaki berwarna merah khas santaklaus menghiasi berbagai tempat menjadi terlihat cantik.

Namun, tahukah Anda bahwa setiap pernak-pernik hiasan Natal memiliki arti? Mari kita bahas simbol-simbol Natal ini.

1. Pohon Natal: Kehidupan Abadi

Pohon Natal adalah simbol yang merayakan kehidupan yang abadi dalam Yesus Kristus. Ketika kita menghiasi pohon dengan berbagai pernak-pernik, ini mencerminkan keberagaman hidup kita yang dihiasi oleh anugerah-Nya. Pohon yang tetap hijau sepanjang tahun menunjukkan bahwa kasih dan harapan yang diberikan Kristus tidak pernah pudar.

 

BACA JUGA: Mau Dekor Ruangan Buat Natal, 5 Tema Warna Ini Bisa Kamu Coba!

 

Pohon cemara yang menjadi ciri khas pohon Natal memiliki warna hijau sepanjang tahun ini melambangkan bahwa manusia dapat memiliki harapan yang abadani. Sementara ujung daunnya yang mengarah ke atas, mengingatkan kita bahwa fokus kita haruslah kepada Bapa yang ada di Surga.

2. Lingkaran: Kekal Abadi Tuhan

Lingkaran dalam dekorasi Natal mengekspresikan kekekalan Tuhan. Seperti cincin yang tak berujung, ini adalah simbol ketidakberhinggaan kasih-Nya. Kekal abadi-Nya menciptakan dasar yang kokoh untuk harapan dan kebahagiaan dalam hidup kita. Cinta-Nya pada kita juga tidak pernah pudar apalagi terhenti.

3. Lilin: Terang Dunia

Lilin-lilin yang menyala adalah gambaran dari Yesus sebagai Terang Dunia. Dalam kegelapan, cahaya lilin mengusir bayangan dan memberikan arah. Hal ini mengingatkan kita akan peran Yesus sebagai penerang bagi jiwa-jiwa yang tersesat.

4. Bintang: Petunjuk Natal

Bintang Natal yang bersinar terang adalah simbol kelahiran Yesus. Seperti bintang yang memberi petunjuk kepada orang majus, Yesus datang sebagai panduan bagi kita semua. Bintang juga mencerminkan harapan dan janji keselamatan.

 

BACA JUGA: Darimana Asal Tradisi Pohon Natal?

 

5. Lonceng: Kabar Gembira

Lonceng-lonceng Natal adalah peringatan akan kabar gembira kelahiran Yesus. Suara lonceng yang riang memberi tahu dunia bahwa Anak Allah telah datang membawa sukacita dan damai sejahtera.

6. Hadiah: Anugerah Terbesar

Tradisi memberikan hadiah di Natal merujuk pada anugerah terbesar yang pernah diberikan, yaitu Yesus Kristus. Dalam memberikan dan menerima hadiah, kita menghargai karunia-karunia yang diberikan Tuhan kepada kita.

7. Permen: Manisnya Keselamatan

Permen yang manis adalah simbol keselamatan yang kita nikmati melalui hubungan kita dengan Yesus Kristus. Ini juga menggambarkan manisnya hidup yang diberkati oleh kehadiran-Nya.

8. Malaikat: Utusan Surgawi

Malaikat dalam dekorasi Natal adalah perwujudan utusan-utusan surgawi yang memberitakan kelahiran Yesus kepada para gembala. Malaikat juga melambangkan perlindungan dan bimbingan ilahi dalam hidup kita.

 

BACA JUGA: Inilah Makna Natal yang Sejati yang Wajib Orang Kristen Ketahui

 

Melalui simbol-simbol Natal ini, umat Kristen merayakan makna yang mendalam dari kelahiran Yesus Kristus. Di balik keceriaan dan kehangatan Natal, setiap simbol mengajak kita untuk merenungkan kasih-Nya yang tak terukur dan membawa kita kepada kegembiraan dan damai sejahtera yang abadi.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami