Inilah Makna Natal yang Sejati yang Wajib Orang Kristen Ketahui
Sumber: jawaban.com

Kata Alkitab / 23 December 2022

Kalangan Sendiri

Inilah Makna Natal yang Sejati yang Wajib Orang Kristen Ketahui

Claudia Jessica Official Writer
636

Yohanes 2:13-18 mencatat, “Ketika hari raya Paskah orang Yahudi sudah dekat, Yesus berangkat ke Yerusalem. Dalam Bait Suci didapati-Nya pedagang-pedagang lembu, kambing domba dan merpati, dan penukar-penukar uang duduk di situ. Ia membuat cambuk dari tali lalu mengusir mereka semua dari Bait Suci dengan semua kambing domba dan lembu mereka; uang penukar-penukar dihamburkan-Nya ke tanah dan meja-meja mereka dibalikkan-Nya. Kepada pedagang-pedagang merpati Ia berkata: “Ambil semuanya ini dari sini, jangan kamu membuat rumah Bapa-Ku menjadi tempat berjualan.” Maka teringatlah murid-murid-Nya, bahwa ada tertulis: “Cinta untuk rumah-Mu menghanguskan Aku.” Orang-orang Yahudi menantang Yesus, katanya: “Tanda apakah dapat Engkau tunjukkan kepada kami, bahwa Engkau berhak bertindak demikian?””

Mungkin ini adalah bagian yang aneh untuk disorot selama musim Natal. Namun, ketika kita bisa melihat “permata” dari bagian ini, ada beberapa hal berharga untuk kita.

 

BACA JUGA: Tujuan Natal yang Sesungguhnya

 

Saat Yesus menyaksikan umat-Nya dari rumah Bapa, Dia sangat sedih karena keserakahan dan keduniawian yang mereka lakukan di bait suci. Sebagai orang Kristen, kita adalah bait Roh Kudus. Jadi ketika Tuhan melihat cara kita melakukan tugas sehari-hari, cara kita mencari kekudusan, cara kira berinteraksi dengan orang lain, apakah yang Tuhan lihat? Apakah Dia melihat bait-Nya dipenuhi dengan doa dan pujian? Apakah Dia melihat refleksi dari hati-Nya sendiri untuk yang membutuhkan dan terhilang? Atau apakah Dia melihat keserakahan dan keduniawian?

Natal bukanlah tanggal lahir Yesus yang sebenarnya, tetapi ini adalah musim dimana kita berhenti melakukan aktivitas duniawi untuk bersyukur kepada Tuhan atas rencana-Nya yang luar biasa untuk menyelamatkan kita. Juga untuk Dia yang datang ke bumi untuk hidup bersama kita dan mati bagi kita.

Jadi sebagai musim mengingat kelahiran Juruselamat kita, bukankah kita sebagai individu dan secara korporat sebagai gereja seharusnya mencerminkan hati-Nya? Bahkan lebih dari biasa yang kita lakukan.

 

BACA JUGA: Bukan Kado atau Sepatu Baru, Tapi Inilah Kado Natal Terindah untuk Anak Anda

 

Ketika dunia melihat cara kita merayakan kelahiran Yesus, apakah mereka melihat komersialisme dan penukaran uang? Atau apakah mereka melihat kemurahan hati yang manis dan pemberian tanpa pamrih? Apakah mereka melihat kerendahan hati Kristus yang datang ke dunia dengan terbungkus kain lusuh, dan lahir di kandang domba. Bahkan pengumuman kelahiran pertama ditujukan kepada para gembala kelas bawah. Bagaimana cara kita menjangkau orang-orang?

Saat kita bersiap untuk perayaan sukacita Natal musim ini, semoga Bapa di surga dan orang-orang di dunia melihat Cahaya Natal yang sejati.

Sumber : iBelieve.com
Halaman :
1

Ikuti Kami