7 Tips Negosiasi Saat Dapat Tawaran Pekerjaan dari Perusahaan Lain Saat Anda Masih Bekerja
Sumber: canva.com

Finance / 4 December 2023

Kalangan Sendiri

7 Tips Negosiasi Saat Dapat Tawaran Pekerjaan dari Perusahaan Lain Saat Anda Masih Bekerja

Claudia Jessica Official Writer
839

Negosiasi tawaran pekerjaan tidak selalu berjalan dengan mudah dan lancar. Seseorang yang sangat dekat saya bahkan seringkali menghadapi wawancara kerja, namun dari semua wawancara dan tes yang dilakukan sulit sekali mendapatkan kesempatan untuk benar-benar bekerja.

Atau dalam keadaan lain, Anda sedang bekerja di sebuah perusahaan kemudian Anda mendapatkan tawaran pekerjaan dari perusahaan lain yang lebih Anda sukai atau bahkan perusahaan impian Anda. Namun, gaji yang ditawarkan ternyata lebih rendah dari upah yang pantas untuk Anda terima.

Skenario lainnya, Anda bahagia selama bekerja di perusahaan Anda saat ini, namun Anda mendapatkan tawaran untuk bekerja di perusahaan lain dengan penghasilan yang lebih banyak. Anda tidak ingin berhenti di perusahaan saat ini, tetapi Anda berharap mendapatkan kompensasi yang adil sehingga Anda meminta kenaikan gaji. Sayangnya, perusahaan tidak bisa mengabulkan permintaan Anda.

Masing-masing situasi ini memiliki tingkat kesulitan yang berbeda dan memperlihatkan kepada kita semua betapa rumitnya negosiasi kerja. Mobilitas eksekutif yang meningkat menciptakan perbedaan latar belakang dan gaji antara kandidat, menyulitkan pemberi kerja menetapkan standar yang konsisten.

Di sejumlah industri, kelemahan pasar tenaga kerja memberi keuntungan pemberi kerja dalam menetapkan persyaratan, sedangkan para pencari kerja yang kurang mendominasi pasar memiliki daya tawar yang terbatas. Meski demikian, keadaan ini membuka peluang bagi individu dalam negosiasi pekerjaan, karena negosiasi tetap menjadi kunci ketika berhadapan dengan berbagai kemungkinan kesepakatan kerja.

Deepak Malhotra, seorang ahli dan pengajar dalam bidang ini sekaligus penulis di Harvard Business Review memberikan panduan dan strategi kepada mahasiswa dan mantan mahasiswanya dalam menghadapi keadaan seperti ini berdasarkan pengalamannya selama puluhan tahun yang telah dirangkum oleh penulis.

Mari kita lihat 7 tips negosiasi saat dapat tawaran pekerjaan dari perusahaan lain saat Anda masih bekerja yang ditulis langsung oleh penulis Harvard Business Review:

1. Anda harus membuat user menyukai Anda melakukan wawancara

Hal pertama yang terdengar seperti tips dasar ini mungkin terdengar sepele, tetapi sangat penting. Manusia cenderung akan memperjuangkan seseorang yang mereka sukai, hal ini pun berlaku untuk user yang sedang mencari kandidat pekerja. Apapun yang Anda lakukan saat bernegosiasi yang membuat Anda kurang disukai akan mengurangi kemungkinan Anda unutk mendapatkan tawaran yang baik.

Oleh karena itu, Anda tidak cukup hanya dengan bersikap sopan. Anda juga perlu mengelola ketegangan saat diwawancara, seperti meminta apa yang pantas untuk Anda tanpa terlihat serakah, bersikap gigih dan fokus.

2. Buat mereka memahami mengapa Anda pantas mendapatkan apa yang Anda minta

Membuat mereka menyukai Anda tidak cukup untuk lolos dalam seleksi ini. Anda harus membuat mereka yakin bahwa Anda pantas mendapatkan apa yang Anda minta, bukan hanya karena mereka menyukai Anda.

Janganlah mengatakan apa yang Anda inginkan, seperti gaji lebih tinggi atau izin bekerja dari rumah. Tetapi, ceritakan mengapa Anda berhak mendapatkannya, misalnya, karena Anda memiliki keahlian yang langka atau situasi keluarga yang spesifik. Jika Anda tidak punya alasan kuat, lebih baik tidak mengajukannya.

Ingatlah, menonjolkan value Anda sendiri bisa membuat terdengar sombong. Jadi, pertimbangkan cara terbaik untuk menjelaskan value Anda tanpa terkesan angkuh.

3. Jelaskan bahwa Anda serius mempertimbangkan tawaran perusahaan tersebut

Orang akan enggan berinvestasi kepada Anda untuk memberikan dukungan atau tawaran yang baik jika pada akhirnya mereka merasa Anda mungkin menolaknya. Jadi, jika Anda ingin bernegosiasi untuk mendapatkan tawaran yang lebih baik, tunjukkan bahwa Anda benar-benar berminat bekerja di sana.

Terkadang, Anda bisa membuat orang tertarik pada Anda dengan menyebutkan bahwa banyak orang ingin merekrut Anda. Namun, perlu diingat, semakin keras Anda menunjukkan bahwa semua orang menginginkan Anda, semakin besar kemungkinan mereka berpikir Anda tidak akan menerima tawaran, sehingga mengapa harus susah payah menawarkan sesuatu yang lebih baik?

Jika Anda merencanakan untuk menyebutkan opsi lain yang Anda miliki sebagai kekuatan dalam negosiasi Anda, seimbangkanlah dengan menjelaskan mengapa, Anda akan dengan senang hati mengabaikan pilihan lain untuk menerima tawaran yang mereka berikan.

Sumber : Harvard Business Review
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami