Hidupmu Dibentuk Oleh Pikiranmu
Kalangan Sendiri

Hidupmu Dibentuk Oleh Pikiranmu

Lori Official Writer
      1029

Ayat Renungan: 

Amsal 4: 23, “Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.”

Roma 7: 22-23, “Sebab di dalam batinku aku suka akan hukum Allah, tetapi di dalam anggota-anggota tubuhku aku melihat hukum lain yang berjuang melawan hukum akal budiku dan membuat aku menjadi tawanan hukum dosa yang ada di dalam anggota-anggota tubuhku."

 

Tuhan jauh lebih tertarik mengubah pikiran kita daripada mengubah keadaan kita. Kita tentu saja mau supaya Tuhan mengakhiri masalah, rasa sakit, kesedihan, penderitaan, penyakit dan hidup kita. Tapi Tuhan mau bekerja dalam diri kita lebih dulu, karena transformasi tidak akan terjadi dalam hidup kita sampai kita memperbaharui dan mengubah pikiran kita.

Kenapa pikiran kita penting bagi Tuhan?

1. Pikiran mengendalikan hidup

Amsal 4: 23 berkata, “Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.” Pikiran berkuasa untuk membentuk hidup kita menjadi baik atau buruk. Misalnya, saat kecil orang tua kita berkata “Kamu anak gak berguna”. Jika kita menerimanya, walaupun itu salah, maka perkataan itu akan membentuk hidup kita.

2. Pikiran adalah medan pertempuran melawan dosa

Semua godaan terjadi dalam pikiran. Paulus berkata dalam Roma 7: 22-23, “Sebab di dalam batinku aku suka akan hukum Allah, tetapi di dalam anggota-anggota tubuhku aku melihat hukum lain yang berjuang melawan hukum akal budiku dan membuat aku menjadi tawanan hukum dosa yang ada di dalam anggota-anggota tubuhku.” 

Salah satu alasan kenapa kita lelah secara mental adalah karena ada pertarungan di otak kita sepanjang 24 jam sehari. Pikiran ini melemahkan karena bekerja secara intens dan si iblis menginginkan kita lumpuh karena pikiran.

3. Pikiran adalah kunci kedamaian dan kebahagiaan

Pikiran yang tidak terkendali menyebabkan ketegangan. Pikiran yang dikelola mengarah pada ketenangan. Pikiran yang tidak dikelola menyebabkan konflik. Pikiran yang terkelol menghasilkan kepercayaan diri. Pikiran yang tidak dikelola menyebabkan stress. Dan saat kita tidak berusaha mengendalikan pikiran dan cara kita mengelola pikiran, kita akan stress. Namun pikiran yang terkendali akan menghasilkan kekuatan, keamanan dan ketenangan.

Jadi hari ini mari merenungkan ketiga poin di atas dan ingatkan diri kita untuk terus membentengi pikiran kita dengan kebenaran firman Tuhan.

 

Action: Pikiran apa yang mengganggumu belakangan ini sehingga sukacita dan ketenangan hidupmu terganggu? Akui dihadapan Tuhan dan perkatakan ayat hafalan di bawah ini atas dirimu.

Ayat Hafalan: Filipi 4: 8-9, “Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.”

Ikuti Kami