7 Tips Pulang Kampung Hemat Saat Libur Natal 2023
Sumber: Canva

Finance / 29 November 2023

Kalangan Sendiri

7 Tips Pulang Kampung Hemat Saat Libur Natal 2023

Puji Astuti Official Writer
1161

Sebentar lagi, suasana Natal akan kembali menyapa kita semua dan libur Natal 2023 mendekat. Bagi mereka yang tinggal jauh dari keluarga, momen ini seringkali menjadi kesempatan emas untuk pulang kampung dan berkumpul dengan orang-orang terkasih. Namun, bagaimana jika kita baru memutuskan untuk pulang kampung ketika sudah bulan November, tidak ada waktu untuk menabung, dan hanya mengandalkan gaji serta uang THR?  

Jangan khawatir, berikut adalah 7 saran persiapan keuangan yang bisa membantu Anda menikmati pulang kampung saat liburan Natal dengan tenang tanpa menguras dompet: 

1. Buat Rencana Anggaran Sederhana  

Mulailah dengan membuat rencana anggaran sederhana. Hitunglah berapa banyak uang yang tersedia dan dapat Anda alokasikan untuk perjalanan, akomodasi, makanan, oleh-oleh dan keperluan lainnya. Dengan memiliki rencana yang jelas, Anda dapat mengendalikan pengeluaran dan memastikan setiap rupiah digunakan dengan bijak. 

2. Cari Promo dan Diskon jelang libur Natal 2023

Menjelang libur Natal 2023 dan akhir tahun, pasti ada saja promo untuk berbagai produk. Manfaatkan promo dan diskon yang tersedia untuk transportasi, akomodasi, dan keperluan perjalanan lainnya. Booking tiket pesawat atau kereta api lebih awal sehingga bisa mendapatkan harga yang lebih terjangkau. Selain itu Anda juga bisa booking lebih dahulu untuk penginapan atau restoran yang akan Anda kunjungi bersama keluarga.  

3. Gunakan Transportasi Publik atau Bahkan Bayar Patungan 

Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk menggunakan transportasi publik atau alternatif murah seperti bus antarkota. Selain lebih ekonomis, ini juga dapat menjadi pengalaman perjalanan yang menarik. Gunakan aplikasi perbandingan harga untuk menemukan opsi transportasi yang paling terjangkau. 

Selain hal itu, Anda bisa juga mencari teman atau saudara yang akan pulang kampung juga. Anda bisa menawarkan opsi berangkat bersama dengan cara patungan bensin atau sewa mobil bersama. Selain membuat pengeluaran lebih kecil, perjalanan panjang bersama teman atau keluarga akan semakin mempererat hubungan dengan mereka.  

4. Siasati Pengeluaran Makan 

Salah satu pengeluaran terbesar saat liburan adalah biaya makan. Namun, Anda dapat menghemat uang dengan menyiasatinya seperti memasak makanan yang tahan lama untuk selama di jalan. Bawa bekal ringan atau cemilan dari rumah. Saat tiba di kampung halaman, daripada makan di luar, Anda bisa pertimbangkan untuk berbagi biaya belanja bahan makanan dengan keluarga yang Anda kunjungi. 

5. Beli Hadiah Natal di Suplier 

Selama liburan, godaan untuk berbelanja barang-barang kecil mungkin sangat besar. Tetaplah fokus pada kebutuhan utama dan hindari membeli barang yang tidak perlu. Jangan tergoda oleh diskon besar-besaran yang sebenarnya hanya akan membuat Anda menghabiskan lebih banyak uang. 

Selain itu, untuk oleh-oleh yang akan Anda berikan kepada keluarga sebaiknya dipersiapkan jauh-jauh hari. Bahkan Anda juga bisa menyiasatinya dengan membeli barang grosiran langsung dari suplier. Jika Anda di Jakarta, dan akan ke kampung, Anda bisa membeli oleh-oleh pakaian Natal dengan membelinya langsung di Tanah Abang.  

6. Jajaki Opsi Penginapan yang Ekonomis 

Cari penginapan yang ramah kantong, seperti homestay atau guesthouse. Jika memungkinkan, tanyakan kepada keluarga atau teman apakah Anda bisa tinggal di rumah mereka selama kunjungan. Ini bukan hanya cara untuk menghemat uang, tetapi juga memberikan pengalaman yang lebih dekat dengan keluarga. 

7. Hati-hati Dalam Menggunakan Kartu Kredit dan Uang Tabungan  

Menggunakan kartu kredit dan pay later selama masa liburan Natal menjadi salah satu tantangan tersendiri. Anda harus ingat bahwa kartu kredit dan pay later bukanlah uang gratis. Jadi jangan digunakan sembarangan, gunakan dengan perhitungan bahwa Anda bisa membayarnya di bulan berikutnya.  

Jika Anda memiliki tabungan yang masih bisa digunakan, juga berpikir bijak sebelum mengeluarkannya. Ingat kembali tujuan awal Anda menabung untuk apa. Jika Anda gunakan untuk liburan Natal ini, apakah sepadan dengan resikonya? Coba tanyakan kembali hal ini pada diri Anda. 

Dalam situasi di mana waktu dan tabungan terbatas, kunci utamanya adalah kreativitas dan perencanaan yang matang. Dengan menerapkan saran-saran di atas, diharapkan Anda dapat merencanakan liburan Natal yang menyenangkan tanpa harus mengorbankan kondisi keuangan Anda. Ingatlah, liburan sejati adalah tentang momen bersama, bukan seberapa besar uang yang Anda keluarkan. Selamat merayakan Natal dan menikmati waktu bersama keluarga tercinta! 

BACA JUGA : 

Biar Liburan Aman Saat Berkendara di Tol, Yuk Patuhi 5 Aturan Mengemudi Ini…

Liburan Natal & Tahun Baru Bikin Naik Berat Badan, Yuk Hadapi Dengan 7 Tips Ini!

Sumber : Berbagai Sumber / Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami