Berjaga-jaga dan Berdoa
Kalangan Sendiri

Berjaga-jaga dan Berdoa

Lori Official Writer
      1405

Ayat Renungan:

1 Petrus 5: 8, “Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.”

 

Firman Tuhan menyampaikan bahwa Tuhan tidak pernah berhenti untuk mengasihi kita. Tapi bukan berarti kita tidak perlu melakukan apa-apa dalam hidup kita. Kita perlu menjaga kerohanian kita. Kita perlu memperhatikan bagaimana kita menjaga pikiran dan tubuh kita. 

Tubuh, jiwa dan roh kita adalah aset termahal yang dikaruniakan Tuhan untuk kita dan kita tidak bisa menukarnya dengan apapun yang ada di dunia ini. Firman Tuhan berkata bahwa “kita perlu berjaga-jaga”. Seperti penjaga di malam hari mereka tidak tidur sepanjang malam, Tuhan juga mengingatkan kita untuk terus berjaga-jaga dan waspada. Karena kita tidak pernah tahu kapan hal tak terduga bisa menimpa kita. Karena iblis akan selalu berjalan keliling mencari mangsa dan tanpa berjaga kita bisa jadi sasarannya. 

Inilah yang disampaikan dalam 1 Petrus 5: 8, “Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.” Iblis bisa memporakporandakan semua hal yang kita miliki jika kita lengah menjaga benteng kerohanian kita. 

Kita adalah manusia roh yang tinggal di dalam daging dan punya jiwa. Untuk mengendalikan ketiga hal ini adalah roh kita. Roh Allah yang ada di dalam kita bekerja untuk memberikan kekuatan. Supaya roh kita tetap kuat, kita perlu menopangnya dengan firman kebenaran dan doa. Dua hal ini menjadi sumber dan energi bagi kita untuk menguatkan roh yang ada di dalam kita.

Jadi, hari ini mari menjaga kerohanian kita tetap tinggal di dalam roh Tuhan dengan cara terus menggali firman Tuhan dengan mengizinkan firman itu berbicara kepada kita. Dan kita juga perlu memagari diri kita dengan doa sepanjang siang dan malam karena doa membawa turun hadirat Tuhan. Doa juga mampu membuat yang mustahil menjadi mungkin. Dan doa mengizinkan Tuhan untuk bertindak sehingga serangan apapun yang ditujukan kepada kita tidak akan mampu melukai kita.

 

Action: Mari hafalkan ayat renungan di bawah ini dan perkatakan kepada dirimu sendiri bahwa “Roh Tuhan ada padaku.” (Lukas 4: 18)

Ayat Hafalan: 1 Petrus 5: 8, “Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.”

Hak cipta @Maria Kaesmetan

Ikuti Kami