Ga Mau Bisnis Bangkrut Kan? Lihat 10 Alasan Kenapa Bisnis Anda Harus Relevan
Sumber: canva.com

Finance / 25 September 2023

Kalangan Sendiri

Ga Mau Bisnis Bangkrut Kan? Lihat 10 Alasan Kenapa Bisnis Anda Harus Relevan

Claudia Jessica Official Writer
930

Bisnis yang relevan dengan perkembangan dunia adalah kunci untuk mencapai kesuksesan dan kelangsungan bisnis dalam jangka panjang. Misalnya saja bisnis kuliner saat ini. Dulu sebelum ada ojek online (antar makanan), kita hanya bisa mempromosikan makanan dan menunggu konsumen datang ke toko dengan sendirinya.

Namun dengan perkembangan zaman, sekarang kita bisa memanfaatkan ojek online (antar makanan) untuk menjual makanan sekaligus mempermudah pelanggan sehingga tidak perlu repot-repot datang ke tempat. Hal ini tentunya dapat meningkatkan jumlah penjualan kita juga.

 

BACA JUGA: 10 Jenis Bisnis Konsultan yang Paling Dibutuhkan di Masa Ini

 

Jika kita tidak bisa mengikuti perkembangan zaman, maka kita bisa saja tertinggal dengan kompetitor dan tergerus dengan ketatnya persaingan. Mari kita lihat alasan lain mengapa bisnis harus selalu berusaha relevan dengan perkembangan zaman:

1. Tuntutan Pasar yang Berubah

Pasar selalu berubah. Perubahan dalam preferensi konsumen, tren industri, dan faktor-faktor ekonomi dapat secara signifikan memengaruhi permintaan produk atau layanan Anda. Bisnis yang relevan harus mampu mengidentifikasi dan menyesuaikan diri dengan perubahan ini untuk tetap memenuhi kebutuhan pasar.

2. Persaingan yang Ketat

Persaingan dalam bisnis semakin intens. Untuk bersaing secara efektif, bisnis harus terus berinovasi, meningkatkan efisiensi, dan menawarkan nilai tambah yang unik. Bisnis yang tidak relevan dengan perkembangan akan kesulitan bersaing dan mungkin tertinggal.

3. Harus Memenuhi Kepuasan Pelanggan

Kepuasan pelanggan adalah kunci kesuksesan bisnis. Pelanggan yang puas cenderung menjadi pelanggan setia dan merujuk bisnis kepada orang lain. Bisnis yang tidak relevan dengan perkembangan dunia mungkin tidak dapat memenuhi ekspektasi pelanggan yang terus berkembang.

 

BACA JUGA: Ayo Berbisnis! Inilah 5 Ayat Alkitab Bagi Kamu yang Mau Terjun ke Dunia Usaha

 

4. Menjaga Reputasi yang Baik

Reputasi yang baik adalah aset berharga. Dalam era digital, berita baik atau buruk tentang bisnis dapat menyebar dengan cepat. Bisnis yang tidak relevan dengan perkembangan dapat merusak reputasi mereka dengan lambat beradaptasi atau gagal memahami isu-isu terkini.

5. Berinovasi

Inovasi adalah pendorong pertumbuhan. Bisnis yang relevan harus mendorong inovasi dalam produk, layanan, atau proses mereka. Inovasi memungkinkan bisnis untuk tetap kompetitif dan terus memenuhi kebutuhan yang berkembang dari pelanggan.

6. Memiliki Daya Tarik yang Unik

Keunikan adalah salah satu faktor yang membuat bisnis menonjol. Bisnis yang relevan dengan perkembangan dapat mengidentifikasi dan mengeksploitasi keunikan mereka untuk menarik pelanggan dan membedakan diri dari pesaing.

 

BACA JUGA: 5 Tips Membangun Bisnis dari Nol Ala James Gwee

 

Secara keseluruhan, bisnis yang relevan dengan perkembangan dunia memiliki peluang lebih besar untuk bertahan dan berkembang. Mereka memiliki daya saing yang lebih tinggi, mampu memenuhi kebutuhan pelanggan, dan memiliki daya tarik tersendiri. Oleh karena itu, upaya untuk tetap relevan dengan perkembangan dunia adalah investasi yang bijaksana untuk masa depan bisnis.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami