Anak Sedih Karena Suka Diledek Tak Punya Ayah, Apa yang Harus Mama Lakukan?
Sumber: Verywell Mind

Relationship / 20 September 2023

Kalangan Sendiri

Anak Sedih Karena Suka Diledek Tak Punya Ayah, Apa yang Harus Mama Lakukan?

Lori Official Writer
1508

Sampaikan Hal yang Realistis 

Waktu anak bertanya kenapa papa dan mamanya tak tinggal bersama, tak ada salahnya memberikan jawaban yang penuh harapan. Tapi tetap penting untuk bersikap realistis. Jangan pernah membangkitkan harapan anak yang pada akhirnya akan membuat dia kecewa. 

Cara lain yang juga bisa mama lakukan untuk membantu anak menerima dan berdamai dengan keadaan keluarganya adalah dengan terus mengingatkan bahwa akan selalu ada sosok ayah yang menyanyangi dan mengasihi dia sepanjang waktu. Atau ajarkan kisah-kisah Alkitab tentang bagaimana setiap ayah pasti mengasihi anak-anaknya. Seperti contoh kisah “Abraham dan Ishak”, “Anak yang Hilang dan Bapanya”, “Yakub dan Yusuf” dan juga “Yesus dan Bapa Surgawi”.

 

Baca Juga: Indonesia Jadi Rangking 3 Dunia Sebagai Negara Fatherless?

 

Mama juga bisa mengajarkan beberapa ayat Alkitab ini ke anak:

Mazmur 68: 4-5, “Bapa bagi anak yatim dan Pelindung bagi para janda, itulah Allah di kediaman-Nya yang kudus; Allah memberi tempat tinggal kepada orang-orang sebatang kara…”

Ayub 29: 12-13, “Karena aku menyelamatkan orang sengsara yang berteriak minta tolong, juga anak piatu yang tidak ada penolongnya; aku mendapat ucapan berkat dari orang yang nyaris binasa, dan hati seorang janda kubuat bersukaria…”

2 Korintus 6: 18, “Dan Aku akan menjadi Bapamu, dan kamu akan menjadi anak-anak-Ku laki-laki dan anak-anak-Ku perempuan demikianlah firman Tuhan, Yang Mahakuasa.”

1 Yohanes 3: 1, “Lihatlah, betapa besarnya kasih yang dikaruniakan Bapa kepada kita, sehingga kita disebut anak-anak Allah, dan memang kita adalah anak-anak Allah.”

Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami