Kalau Punya 7 Tanda Ini, Artinya Kamu Orang Kristen Sejati. Berani Tes?
Sumber: canva.com

Kata Alkitab / 19 September 2023

Kalangan Sendiri

Kalau Punya 7 Tanda Ini, Artinya Kamu Orang Kristen Sejati. Berani Tes?

Claudia Jessica Official Writer
1336

Kita dapat melihat pertumbuhan jasmani dengan baik, tetapi bagaimana kita dapat mengetahui pertumbuhan rohani? Seperti apa tandanya? Bagaimana kita bisa yakin bahwa kita bertumbuh dalam roh? Atau jangan-jangan, kita justru mengalami kemunduran?

Sepengetahuan saya, tidak ada buku yang dapat menjawab pertanyaan ini, tetapi kita memiliki indikator yang menandakan bahwa kita tumbuh di dalam Kristus.

Inilah 7 tanda atau indikator yang bisa menandakan bahwa kita bertumbuh di dalam Kristus:

 

BACA JUGA: Sulit Bertumbuh Dalam Kerohanian? Mungkin 3 Karakter Ini Penyebabnya!

 

1. Rasa lapar yang lain

Ketika roh kita bertumbuh dengan benar, kita akan merasakan lapar yang berbeda, bukan lapar akan makanan duniawi, melainkan rasa lapar akan Firman Tuhan, rasa lapar akan kebenaran, rasa lapar akan pengenalan terhadap Tuhan.

Jika Anda pernah jatuh cinta kepada seseorang dan merasa ingin tahu banyak hal tentangnya, ini bisa dikatakan rasa lapar terhadap orang itu. Mirip seperti ketika Anda jatuh cinta kepada Tuhan, Anda akan merasa lapar dan ingin dipenuhi dengan semua informasi dan kebenaran tentang Dia.

Kitab Ayub 23:12 dalam terjemahan NIV berkata, “I have not departed from the commands of his lips; I have treasured the words of his mouth more than my daily bread,” yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti, “Aku tidak menyimpang dari perintah bibirnya; Aku lebih menghargai perkataan mulut-Nya daripada makananku sehari-hari.”

2. Jijik terhadap dosa

Saat kita tumbuh menjadi seturut dan serupa dengan Kristus, secara alamiah kita akan merasa jijik terhadap dosa yang mungkin dulunya kita sukai.

Kita tidak akan lagi menyukai dosa yang dulu kita lakukan. Mungkin dulu kita dengan mudah berbicara kotor, merendahkan orang lain, menyukai pornografi, melanggar perintah yang Tuhan sebutkan dalam 10 perintah Allah. Namun, jika kita sungguh-sungguh mengasihi Allah, kita akan merasa jijik dengan semua perilaku tersebut.

3. Mengasihi orang lain

Ada hal luar biasa yang kita alami saat mengasihi Tuhan, kita juga mengasihi umat-Nya. Terkadang ketika kita memilih untuk mengasihi seseorang, dunia akan menganggap kita remeh atau bahkan bodoh. Tapi ingatlah bahwa kita di dunia ini untuk Tuhan, bukan untuk dunia! Bahkan Yesus sendiri telah memberikan kita contoh untuk mengasihi orang sekalipun orang tersebut dibenci oleh dunia.

 

BACA JUGA: 8 Cara Supaya Anggota Keluargamu Sama-sama Alami Pertumbuhan Rohani

 

4. Punya damai yang luar biasa

Apabila Anda bertumbuh di dalam Yesus dengan benar, maka ketika Anda berhadapan dengan suatu masalah, biasanya Anda dapat mengatasinya dengan lebih tenang dari sebelumnya.

5. Punya kesabaran yang tidak ada habisnya

Buah-buah Roh mengatakan sesuatu tentang kesabaran. Inilah yang Anda dapatkan jika roh Anda bertumbuh kepada arah yang benar. Ketika Anda bersikap sabar saat orang lain berkata Anda layak untuk marah, mereka mungkin akan menilai Anda sebagai orang aneh yang terlalu sabar, tetapi ketahuilah pembawaan yang sabar dan penuh kedamaian itu memancarkan sifat Tuhan, sang pembawa damai.

6. Menyediakan waktu terbaik untuk saat teduh

Mengasihi Tuhan, artinya Anda akan merasa ingin menghabiskan lebih banyak waktu dengan-Nya. Tuhan adalah Raja atas segala raja. Apakah Anda akan memberikan sesuatu hal seperti “waktu sisa” kepada seorang Raja atau kepada pribadi yang sangat Anda kasihi?

7. Berdoa tanpa henti

1 Tesalonika 5:17 memerintahkan untuk terus berdoa tanpa henti.

Dari 7 indikator pertumbuhan rohani di atas, ada berapa banyak hal yang membuat Anda merasa seperti “Wah, ini aku banget!”?

 

BACA JUGA: Bisakah Pernikahan Bertahan Saat Dua Orang Berjalan Tak Searah?

 

7 indikator pertumbuhan rohani di atas memang dapat membantu Anda melihat apakah kerohanian Anda berkembang atu tidak. Tetapi indikator pertumbuhan rohani setiap orang bisa saja berbeda. Anda mungkin memiliki lebih indikator lain selain ketujuh hal di atas.

Indikator terbaik dari pertumbuhan rohani adalah seseorang yang memiliki kerendahan hati.

Sumber : crosswalk.com
Halaman :
1

Ikuti Kami