4 Cara Ampuh Mengatasi Keluarga Toxic yang Banyak Menuntut
Sumber: theasianparent.com

Relationship / 23 August 2023

Kalangan Sendiri

4 Cara Ampuh Mengatasi Keluarga Toxic yang Banyak Menuntut

Bella Tiurma Official Writer
1907

Dalam perjalanan menuju usia 30-an, banyak orang menghadapi tantangan yang semakin kompleks, terutama dalam menjalani karir yang sukses sambil mengelola keseimbangan keuangan yang sehat. Namun, ketika situasi ini dipadukan dengan adanya keluarga atau anggota keluarga yang "toxic" atau berperilaku merugikan, setiap orang akan mengalami tantangan yang semakin meningkat. 

Menghadapi tuntutan dan ekspektasi keluarga yang mengharapkan dukungan finansial dan emosional secara penuh bisa menjadi tantangan yang berat. Sehingga sangat penting untuk menyadari bahwa keberadaan keluarga yang toxic dapat mempengaruhi kesejahteraan mental dan emosional kita. 

Kehidupan bersama keluarga yang secara teratur menunjukkan perilaku toxic, terutama sikap yang merendahkan dan menyakiti dapat memberikan dampak negatif yang signifikan. Namun, masih banyak orang yang tidak menyadari ketika mereka berada dalam lingkungan keluarga yang toxic. 

Oleh karena itu, kita perlu mengenali setiap tanda keluarga yang toxic dan memerlukan pemahaman dalam menghadapinya tanpa harus merusak ikatan darah yang ada. Seperti 4 cara ampuh berikut ini untuk menghadapi keluarga yang toxic. 

 

Baca Juga : Alami Toxic Friendship? Begini 5 Cara Menghadapinya

 

1. Menentukan Batasan dengan Bijak 

Memahami apa yang kita harapkan dari sebuah hubungan adalah langkah penting dalam mengembangkan pandangan yang lebih jelas tentang batasan-batasan yang ingin kita tetapkan. Karena memiliki keluarga yang toxic pada akhirnya akan mencapai batasan dalam diri kita, tetapi tetap bergantung pada batasan yang mampu membuat kita bertahan. 

Misalnya, kita sedang menikmati waktu santai bersama sanak saudara saat akhir pekan tiba, namun merasa tidak nyaman ketika ada anggota keluarga yang mulai membicarakan hal-hal yang pribadi. Apabila kita ingin menjaga hubungan, cara yang bijak adalah dengan mengatur batasan dalam interaksi tersebut.

Sumber : halodoc.com | kompas.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami