Kiat-kiat Menjaga Diri di Tengah Gempuran Polusi Udara yang Semakin Buruk
Sumber: canva.com

Health / 17 August 2023

Kalangan Sendiri

Kiat-kiat Menjaga Diri di Tengah Gempuran Polusi Udara yang Semakin Buruk

Claudia Jessica Official Writer
1257

Belakangan ini, polusi udara menjadi masalah yang mendapatkan banyak perhatian. Pasalnya, banyak sekali dampak buruk yang disebabkan oleh keadaan ini. Terutama Indonesia saat ini menempati peringkat 10 (data 16 Agustus 2023 jam 18.53 WIB) sebagai negara dengan polusi udara paling buruk di dunia setelah kemarin menduduki peringkat 2.

Masalah kesehatan yang ditimbulkan akibat polusi udara ini antara lain: batuk yang sulit sembuh, masalah paru-paru, infeksi saluran pernapasan, asma, dan masih banyak lagi.

Dampak buruk polusi udara terhadap kesehatan bisa sangat besar, tetapi ada langkah-langkah yang dapat kita ambil untuk melindungi diri sendiri serta keluarga. Apa saja?

 

BACA JUGA: Kualitas Udara Semakin Buruk, Kita Harus Apa?

 

#1 Melakukan pengecekan AQI secara rutin

Luangkan waktu untuk memeriksa Indeks Kualitas Udara (AQI) di daerah Anda setiap harinya. Informasi ini memberikan wawasan tentang tingkat polusi udara. Monitoring AQI menjadi penting terutama bagi kelompok rentan seperti anak-anak, orang tua, ibu hamil, dan individu dengan masalah pernapasan atau jantung.

#2 Minimalisir waktu di luar ruangan

Hindari keluar saat polusi udara tinggi, atau setidaknya kurangi aktivitas di luar sebisa mungkin. Jika Anda harus keluar, hindari jalan-jalan yang padat, terutama saat lalu lintas padat. Saat berjalan atau bersepeda, pilih jalur terpisah dari jalan raya. Contohnya, berjalan di trotoar yang berjarak jauh dari jalan utama. Hanya beberapa meter jarak dapat berdampak besar pada kualitas udara. Batasi waktu Anda berada di luar saat AQI tinggi.

Jika Anda memiliki riwayat asma, selalu bawa inhaler pengontrol asma. Gunakan secara teratur untuk mencegah gejala. Jika gejala asma semakin buruk, segera periksakan diri Anda ke dokter.

 

BACA JUGA: Jakarta Kota Paling Tercemar di Dunia, Lihat 10 Kota Lain yang ga Kalah Mengkhawatirkan

 

#3 Gunakan masker

Gunakanlah masker yang memiliki kemampuan penyaringan polusi yang memadai. Masker berkualitas tinggi seperti N95 atau P2 akan membantu mengurangi dampak kesehatan akibat polusi udara. Sedangkan masker bedah cukup efektif melindungi Anda dari debu dan partikel yang lebih besar, tetapi tidak mampu menyaring partikel berukuran lebih kecil seperti PM2.5. Pastikan masker Anda pas dengan wajah untuk memperoleh perlindungan optimal.

#4 Berolahraga di dalam ruangan

Olahraga adalah bagian penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Jika memungkinkan, lakukan olahraga di dalam gedung atau setidaknya di area terbuka yang memiliki banyak pepohonan. Bahkan berjalan di pusat perbelanjaan bisa menjadi pilihan yang baik pada hari-hari dengan tingkat polusi udara yang tinggi.

#5 Tetaplah lindungi diri Anda meski di dalam ruangan

Hindari membuka jendela dan pintu rumah saat polusi tinggi. Pantau terus AQI melalui aplikasi, dan buka jendela hanya ketika AQI sudah membaik. Pastikan juga tidak ada celah di sekitar jendela dan pintu yang bisa membiarkan polusi masuk.

 

BACA JUGA: Fakta Penting Tentang ISPA, Wajib Wasapada?! Lebih Baik Mencegah daripada Mengobati

 

Anda juga dapat mempertimbangkan menggunakan perangkat yang memantau dan menyaring udara di dalam rumah, karena perangkat semacam ini terbukti sangat efektif.

Itulah 5 cara untuk melindungi diri Anda dan orang yang Anda kasihi dari polusi udara yang semakin hari semakin buruk ini. Stay healthy ya!

Sumber : nafas.id
Halaman :
1

Ikuti Kami