15 Ide Perlombaan 17 Agustus Berdasarkan Usia, Dijamin Seru dan Heboh?!
Sumber: tribunnews.com

News / 10 August 2023

Kalangan Sendiri

15 Ide Perlombaan 17 Agustus Berdasarkan Usia, Dijamin Seru dan Heboh?!

Bella Tiurma Official Writer
1454

Momentum peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus identik dengan semangat kebersamaan dan patriotisme. Salah satu cara yang sering dilakukan oleh masyarakat dalam merayakan Hari Kemerdekaan adalah dengan adanya berbagai macam perlombaan yang diadakan di berbagai tempat. 

Kemeriahan perlombaan yang diadakan bukan hanya sekadar menyatukan generasi muda, tetapi juga memberi peluang bagi semua kategori usia untuk turut berpartisipasi. Bahkan tak jarang perlombaan yang diadakan menjadi ramai, terlebih setelah perlombaan tersebut diunggah ke media sosial. 

Kemeriahan yang tercipta tak hanya dari ide-ide perlombaan yang diadakan, tetapi proses perlombaan yang seringkali mengundang gelak tawa penonton. Berikut ini 15 ide perlombaan 17 Agustus yang bisa kamu gunakan saat Hari Kemerdekaan. 

Lomba 17 Agustus untuk Anak-anak Kecil 

1. Sendok Kelereng 

Walaupun lomba ini termasuk ke dalam lomba yang selalu digunakan dari dahulu, tetapi masih masuk ke dalam lomba yang seru untuk dimainkan oleh anak-anak. Anak-anak dapat melakukannya dengan cara berbaris dengan sendok yang telah diletakkan kelereng diatasnya. Kemudian mereka harus berjalan sambil menjaga kelereng tetap berada di sendok. Anak yang telah menjatuhkan kelerengnya akan dianggap gugur. 

Perlengkapan lomba yang dibutuhkan : sendok dan kelereng. 

2. Memasukkan Pensil atau Paku ke Dalam Botol 

Lomba memasukkan pensil atau paku ini biasa dilakukan untuk melatih fokus anak-anak yang memainkannya. Dimana pensil atau paku dipasangkan ke daerah pinggang menggunakan tali hingga menggantung. 

Perlengkapan lomba yang dibutuhkan : pensil atau paku, tali, dan botol. 

3. Makan Kerupuk 

Salah satu perlombaan yang akan selalu kita temui di setiap perlombaan 17 Agustus. Namun, acara 17-an tanpa perlombaan ini tentu terasa kurang. Perlombaan ini dapat dilakukan dengan berbagai variasi, salah satunya dengan menambahkan kecap atau saus. 

Perlengkapan lomba yang dibutuhkan : kerupuk dan tali. 

4. Makan Baso 

Seperti perlombaan makan kerupuk, namun yang menjadi berbeda kita bisa menambahkan tingkat kesulitannya dengan menambahkan sedikit guncangan pada tali. 

Perlengkapan lomba yang dibutuhkan : bakso dan tali. 

5. Memecahkan Balon Air 

Perlombaan satu ini dibutuhkan kecepatan waktu untuk memecahkan balon tersebut agar menjadi pemenangnya. Dimana anak akan ditutup matanya, lalu diputar sebanyak 2 kali dan biarkan mereka berjalan menuju balon berada. 

Perlengkapan lomba yang dibutuhkan : balon isi air, tali, dan penutup mata.

Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami