Sepeda Listrik Semakin Meresahkan, Ini Tata Cara yang Harus Diperhatikan
Sumber: infokost.id

Health / 8 August 2023

Kalangan Sendiri

Sepeda Listrik Semakin Meresahkan, Ini Tata Cara yang Harus Diperhatikan

Claudia Jessica Official Writer
1634

Kemunculan sepeda listrik disambut baik oleh masyarakat. Terutama saat ini ada begitu banyak model sepeda listrik dengan harga yang terjangkau. Bahkan tidak jarang kita bisa menemukan pengendara sepeda listrik di jalan raya.

Sayangnya, kemunculan sepeda listrik justru menjadi hal yang meresahkan karena banyaknya kecelakaan yang diakibatkan oleh pengguna sepeda listrik yang masih di bawah umur di kawasan yang seharusnya tidak diperkenankan untuk anak-anak.

Salah satunya adalah kecelakaan yang terjadi di Bandung beberapa waktu lalu ketika sepeda listrik yang dikendarai oleh seorang anak berusia 12 tahun kehilangan kendali dan menabrak sebuah truk hingga ia meninggal. Kecelakaan lainnya juga terjadi ketika seorang anak tidak dapat mengendalikan kecepatan sepeda listrik yang dibawanya hingga membuatnya oleng dan terjatuh.

Untuk mengatasi hal ini, maka peran masyarakat sangat dibutuhkan untuk memberikan pemahaman yang benar tentang penggunaan sepeda listrik, khususnya kepada anak-anak untuk menghindari kecelakaan yang mungkin terjadi.

Mari kita telaah beberapa bahaya potensial yang terkait dengan penggunaan sepeda listrik dan bagaimana cara menghindarinya:

Potensi Bahaya Penggunaan Sepeda Listrik:

1. Kecepatan yang Meningkat

Salah satu alasan utama sepeda listrik diminati adalah kemampuannya mencapai kecepatan lebih tinggi daripada sepeda konvensional. Namun, kecepatan ini juga membawa risiko kecelakaan yang lebih besar, terutama jika pengendara tidak dapat mengontrolnya dengan baik atau jika kondisi jalan tidak ideal.

2. Stabilitas dan Manuver

Beberapa model sepeda listrik memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan sepeda biasa. Hal ini dapat membuatnya kurang stabil saat berbelok atau saat harus melakukan manuver tiba-tiba.

3. Kesulitan Kontrol

Mengendarai sepeda listrik memerlukan koordinasi antara penggunaan motor listrik dan pedal sepeda. Bila pengendara tidak terbiasa, perpindahan antara mode ini dapat mengganggu dan menyebabkan ketidakstabilan atau kecelakaan.

4. Keterbatasan Visibilitas

Model sepeda listrik yang lebih besar atau berat dapat menghalangi pandangan pengendara, terutama saat harus bergerak melalui lalu lintas ramai atau melintasi persimpangan.

5. Masalah Pengereman

Beberapa sepeda listrik mungkin memiliki sistem pengereman yang kurang efisien. Jika sistem ini tidak berfungsi dengan baik, maka pengendara kesulitan dalam mengendalikan laju sepeda saat harus melakukan pengereman tiba-tiba.

Lalu bagaimana cara menggunakan sepeda listrik dengan aman?

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA →

Sumber : jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami