Fakta Alkitab : Penemuan Tanaman yang Digunakan untuk Mahkota Duri Yesus
Sumber: Youtube Channel Jawaban

Fakta Alkitab / 1 August 2023

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab : Penemuan Tanaman yang Digunakan untuk Mahkota Duri Yesus

Bella Tiurma Official Writer
2274

Pemasangan Mahkota Duri dan Ditekan dengan Tongkat 

Mahkota duri yang dipasangkan di atas kepada Yesus, tak hanya ditaruh begitu saja tetapi pemasangan itu disertai dengan tekanan yang diberikan menggunakan tongkat. Meskipun hal ini tidak ditulis di dalam Alkitab tentang bagaimana para prajurit Romawi menyematkan mahkota duri tersebut. Namun, para ahli mempercayai bahwa prajurit Romawi memberikan tekanan pada mahkota duri dengan tongkat hingga duri-durinya menusuk ke tengkorak kepala Yesus. 

Relik Mahkota Duri 

Berdasarkan catatan setelah 400 tahun pertama kematian Yesus, tidak ada satupun yang menjelaskan tentang relik mahkota duri. Tulisan tentang adanya relik mahkota duri baru muncul setelah 409 masehi, yang ditulis oleh Santo Paulinus dari Nola. 

Oleh karena itu, relik mahkota duri yang saat ini disimpan oleh Gereja Katolik di Katedral Notre Damai, Paris, masih diragukan keasliannya. Bahkan banyak pihak yang menganggap bahwa bukan mahkota duri asli yang digunakan Yesus pada waktu itu. 

 

Baca Juga : Fakta Alkitab: Benarkah Tuhan yang Menciptakan Setan?

 

Makna Mahkota Duri Yesus 

Para teolog menghubungkan mahkota duri dengan sebuah kutukan pada manusia saat jatuh di dalam dosa. Hal ini sama seperti yang telah tertulis dalam Kejadian 3 : 18 “semak duri dan rumput duri yang akan dihasilkannya bagimu,...” Setelah itu, Nabi Yesaya menubuatkan tentang Yesus bahwa “Tuhan telah menimpakan kepadanya kejahatan kita sekalian.” 

Kejahatan dan dosa manusia inilah yang disimbolkan dengan semak dan rumput duri yang dianyam menjadi mahkota duri Yesus. Hal ini dinyatakan sebagai bentuk dosa-dosa kita telah ditanggungNya dan dibayar lunas olehNya di kayu salib. 

Sehingga pada masa Paskah kita diingatkan kembali bagaimana Tuhan Yesus Kristus menerima hinaan, siksaan, dan penyaliban. Serta Dia rela mati untuk menanggung kutuk dan dosa-dosa kita. Saat ini, melalui kematian dan kebangkitanNya kita sebagai orang percaya kepadaNya telah dimerdekakan dan menerima hidup yang kekal. 

Saksikan lebih banyak Fakta Alkitab tentang Kematian dan Kebangkitan Yesus melalui video Fakta Alkitab : Penemuan Tanaman yang Digunakan untuk Mahkota Duri Yesus berikut ini:

Sumber : Youtube Channel Jawaban
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami