Fakta Alkitab : Penemuan Tanaman yang Digunakan untuk Mahkota Duri Yesus
Sumber: Youtube Channel Jawaban

Fakta Alkitab / 1 August 2023

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab : Penemuan Tanaman yang Digunakan untuk Mahkota Duri Yesus

Bella Tiurma Official Writer
2507

Bagi umat Kristiani tentu tidak asing dengan mahkota duri. Salah satu bentuk penghinaan kepada Yesus yang merupakan bukan bentuk siksaan yang biasa dilakukan kepada terhukum mati pada kala itu. Namun, hal ini hanya dilakukan kepada Yesus. 

Dimana penyiksaan yang diterima Yesus saat memakai mahkota duri tersebut karena duri yang tajam menancap di kepalanya. Selain itu, bentuk penghinaan yang diterimanya karena Dia telah mengaku sebagai seorang raja. 

Pada saat itu, seluruh serdadu berkumpul dan memakaikan Yesus dengan jubah ungu, mahkota duri, dan sebuah bulu untuk tongkat. Hal ini dilakukan sesuai dengan tradisi di masa itu, dimana semua perlengkapan yang dipakaikan kepada Yesus adalah atribut resmi seorang raja. 

Namun, mereka menganyam sebuah mahkota duri dan menaruhnya di atas kepalaNya. Bahkan saat mereka memberikan dia sebatang buluh di tangan kanannya, mereka berlutut di hadapanNya sambil mengolok-olok Yesus, kayanya “Salam hari Raja orang Yahudi” (Matius 27 : 29). 

 

Baca Juga : Hubungan Antara Gunung Sion, Bangsa Israel, Yahudi, dan Zionis

 

Nama Tanaman yang Digunakan untuk Mahkota Duri 

Berdasarkan dengan museum Lembaga Alkitab Indonesia, tanaman yang digunakan untuk membuat mahkota duri adalah Paliurus Spina Christi. Tanaman berduri yang juga di kenal sebagai Jerusalem Thorn, Garland Thorn, Christ Thorn, atau Crown of Thorns. 

Hal ini disebabkan karena mengacu kepada mahkota duri Yesus. Tanaman ini dapat dengan mudah kita temukan di wilayah Yerusalem dan wilayah Mediterania lainnya, seperti Asia Tengah, Maroko, Spanyol, sebelah timur Iran, dan Tajikistan. 

Selain jenis Paliurus, Wikipedia telah mencatat bahwa ada tanaman lain yang diperkirakan dipakai untuk mahkota duri saat itu. Tanaman tersebut adalah Ziziphus Spina Christi. Tetapi ada beberapa pihak yang menyatakan bahwa tanaman Ziziphus terlalu rapuh jika dianyam membantuk sebuah mahkota duri. 

Sebuah hal menarik terjadi di selatan Yerusalem, dimana terdapat sebuah pohon Ziziphus yang berdiri dan diperkirakan sudah berusia sekitar 1500 hingga 2000 tahun. Banyak penduduk lokal yang percaya bahwa pohon tersebutlah yang digunakan untuk membuat mahkota Yesus. 

 

Baca Juga : Inilah Fakta Tentang Praktek Sihir yang Dilakukan di Dalam Alkitab

 

Panjang Duri Mahkota 

Panjang duri yang digunakan pada mahkota tersebut diperkirakan sekitar 5 – 10 cm. Hal ini ditegaskan kembali oleh Kabid Museum Lembaga Alkitab Indonesia, Bambang Kristanto Sitompul, S.Si yang menyatakan bahwa cabang pohon yang digunakan diperkirakan sudah memiliki usia tua. 

Oleh sebab itu, jika melihat pohon berduri Paliurus Spina Christi yang masih muda durinya hanya mamiliki panjang duri sekitar 1 – 2 cm. Tetapi cabang pohon yang sudah berusaia puluhan hingga ratusan tahun, panjang durinya dapat mencapai 5 – 10 cm.

BACA HALAMAN BERIKUTNYA ->

Sumber : Youtube Channel Jawaban
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami