7 Tips Menerapkan Gaya Hidup Frugal Living untuk Keuangan Lebih Baik
Sumber: gajigesa.com

Finance / 28 July 2023

Kalangan Sendiri

7 Tips Menerapkan Gaya Hidup Frugal Living untuk Keuangan Lebih Baik

Bella Tiurma Official Writer
1977

Istilah Frugal Living semakin hari semakin banyak diperbincangkan oleh kebanyakan orang yang ingin mencapai kondisi finansial yang stabil sejak muda. Meskipun istilah gaya hidup frugal living memiliki kesalahpahaman konsep, namun gaya hidup ini memiliki tips untuk bisa menerapkannya supaya keuangan lebih baik. 

Meskipun untuk penerapan gaya hidup frugal living memerlukan banyak pengorbanan, tapi kita dapat mencobanya untuk mendapatkan manfaatnya di kemudian hari. Karena pada dasarnya gaya hidup frugal living adalah gaya hidup hemat yang memprioritaskan tujuan finansial dan lebih bijak ketika melakukan pembelian. 

Namun, penerapan gaya hidup frugal living akan terasa berat bagi beberapa orang yang melakukannya dengan cara yang berlebihan. Sebaliknya, jika gaya hidup frugal living dilakukan dengan cara yang praktis dan menyenangkan akan terasa gampang menjalaninya. 

Berikut ini 7 tips yang bisa Anda lakukan untuk menerapkan gaya hidup frugal living

 

Baca Juga : 5 Kesalahpahaman Konsep Frugal Living yang Sering Terjadi Pada Pemula

 

1. Buat Skala Prioritas 

Kita dapat menjadi orang yang menerapkan gaya hidup frugal living perlu memiliki catatan anggaran setiap pembelian yang didasari dengan skala prioritas. Karena seseorang yang memahami prinsip frugal living akan tahu cara menggunakan uangnya untuk apa saja menyesuaikan dengan kebutuhan. 

Pada saat pembelian kebutuhan sehari-hari pun perlu melakukan budgeting dengan membuat daftar belanjaan yang akan dibeli. Lalu selanjutnya mengurutkan barang sesuai dengan urgensinya. 

2. Mengatur Rencana Keuangan 

Tips selanjutnya adalah memiliki perencanaan keuangan yang siap, sehingga bisa melakukan langkah berikutnya untuk menghemat. Memiliki perencanaan keuangan ini dapat dimulai dengan memiliki catatan atau rincian pemasukan dan pengeluaran secara menyeluruh setiap bulannya. 

Tips hemat dalam mengatur rencana keuangan dengan mengurangi total pemasukan dengan seluruh jumlah kebutuhan yang akan dikeluarkan. Sisa dari uang tersebut bisa dialokasikan pada dana darurat, tabungan, dan investasi. 

Cara ini menjadi penting sebagai langkah pencegahan ketidakstabilan finansial karena kondisi darurat yang mungkin saja terjadi setiap saat tanpa ada perencanaan.

Sumber : beautynesia.id | hypeabis.id
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami