7 Gebrakan Teknologi yang Diluncurkan oleh Elon Musk, Teknologi Apa yang Membuat Takjub?
Sumber: tribunnews.com

Finance / 26 July 2023

Kalangan Sendiri

7 Gebrakan Teknologi yang Diluncurkan oleh Elon Musk, Teknologi Apa yang Membuat Takjub?

Bella Tiurma Official Writer
1363

Siapa yang tak kenal dengan Elon Musk? Salah satu pengusaha terbesar dan inovator visioner yang selalu memberikan gebrakan baru. Bahkan dirinya telah menjadi salah satu tokoh yang paling menonjol dalam dunia teknologi dan inovasi saat ini. 

Pengaruh dari sejumlah gebrakan teknologi yang diluncurkan oleh Elon Musk mampu mengubah cara pandang hampir seluruh masyarakat dunia terhadap masa depan. Salah satu contoh gebrakannya yang saat ini sudah beredar banyak di seluruh dunia adalah pengembangan mobil listrik yang revolusioner melalui Tesla. Dimana mobil tersebut memperkenalkan kepada dunia bagaimana kecanggihan teknologi baterai, sehingga membawa revolusi dalam industri otomotif.

Bagi kebanyakan orang gebrakan-gebrakan yang diluncurkan mampu mengubah dan meningkatkan kehidupan masyarakat dunia, baik secara teknologi hingga perekonomian. Berikut ini 7 gebrakan teknologi yang diluncurkan oleh Elon Musk. 

1. Mobil Listrik – Tesla 

Beberapa tahun terakhir ini, kita sering mendengar inovasi-inovasi terbaru yang dikeluarkan oleh Tesla, salah satu perusahaan otomotif terbesar yang memproduksi kendaraan listrik. Bahkan Tesla telah menciptakan sistem baterai batu yang dapat menyimpan energi pada rumah dan bisnis, atau lebih dikenal dengan sebutan Powerpack atau Powerwall. 

 

Baca Juga : 15 Aplikasi Kecerdasaan AI yang Mempermudah Pekerjaanmu, Apa yang Baru Anda Ketahui?

 

2. Roket – SpaceX 

Gebrakan teknologi yang hampir mengguncang dunia adalah roket Falcon 9, sebuah roket yang dapat digunakan kembali. Selain itu, SpaceX sebagai perusahaan yang memproduksi roket tersebut, saat ini sedang melakukan perancangan dan persiapan untuk menerbangkan manusia menuju bulan dan Mars di masa depan. 

3. Satelit Internet – Starlink 

Hadirnya Starlink yang diluncurkan oleh Elon Musk, mampu mematahkan berbagai penilaian mengenai internet satelit. Bahkan ia menghadirkan jaringan internet dengan latensi rendah yang memberikan kecepatan yang baik saat digunakan. Sehingga melalui Starlink, Elon Musk berharap bahwa satelit internet yang ia luncurkan dapat digunakan oleh masyarakat yang berada di pedalaman dan pinggir kota di seluruh dunia sekalipun. 

4. Layanan Pembayaran – Paypal 

Untuk pertama kalinya Elon Musk menyediakan jasa perencanaan keuangan, X.com pada tahun 1999. Namun, pada tahun 2000 ia menggabungkan X.com dengan Confinity menjadi Paypal Corp. Disinilah Elon Musk bersama dengan layanan yang ia ciptakan disebut sebagai revolusi layanan keuangan dan pembayaran online. 

5. Panduan Alamat – Zip2 City Guides 

Gebrakan pertama dalam hal panduan alamat Zip2 yang dilakukan Elon Musk mampu memberikan layanan berbasis internet dan menawarkan software untuk city guides. Dimana sistem yang ada digunakan sebagai sebuah newsletter digital dengan berbasis data yang bisa dicari. Elon Musk merancang dalam softwarenya dapat menuliskan kode perusahaan untuk menggabungkan antara daftar bisnis dan peta. 

 

Baca Juga : Menyingkap Fakta Munculnya Teknologi Chip Otak Neuralink Buatan Elon Musk

 

6. Tenaga Surya atau Panel Surya – Solar City 

Gebrakan lainnya yang diluncurkan oleh Elon Musk adalah Solar CIty, sebuah perusahaan yang menjual dan memasang sistem pembangkit energi surya. ia juga menawarkan panel surya dalam bentuk modern dengan harga yang murah. Bahkan Solar City saat ini telah menjadi satu bagian dari perusahaan Tesla. 

7. Kereta Super Cepat – Hyperloop 

Gebrakan terakhir yang diluncurkan oleh Elon Musk adalah sebuah transportasi berkecepatan tinggi yang dirancang mampu menyaingi kecepatan pesawat terbang. Dimana Elon Musk merancang Hyperloop sebagai moda transportasi berkecepatan tinggi dengan memiliki karakteristik, yaitu kebal terhadap cuaca, bebas tabrakan, dua kali kecepatan pesawat, penggunaan daya rendah, dan penyimpanan energi untuk pengoperasian 24 jam. 

Diperkirakan Hyperloop akan memiliki kecepatan hingga lebih dari 600 mph. Namun, hingga saat ini Hyperloop belum bisa digunakan secara umum oleh publik karena masih dalam tahap pengerjaan. Sehingga hadirnya Hyperloop mampu mengurangi kemacetan dan ramah lingkungan. 

Melalui berbagai gebrakan teknologi yang diluncurkannya, Elon Musk siap untuk mengejar setiap tantangan besar demi masa depan yang lebih baik. Sehingga gebrakan yang dilakukan bukan hanya sekedar mengubah industri tertentu, tetapi membawa dampak besar bagi masyarakat global. 

Melalui Elon Musk kita dapat mengubah cara pandang kita tentang masa depan dan menginspirasi generasi muda untuk bermimpi lebih besar dan berani dalam menghadapi perubahan. 

Apakah Anda diberkati dengan artikel ini dan rindu agar orang lain ikut diberkati? Mari bersama-sama dengan kami terus menghasilkan konten-konten inspiratif dengan terus mendukung pelayanan kami dengan klik link di bawah. 

 

DONASI

Sumber : cnbcindonesia.com | wikipedia
Halaman :
1

Ikuti Kami