4 Solusi Jitu untuk Kakak GSM Hadapi Anak yang Sulit Diatur di Kelas Sekolah Minggu
Sumber: Jawaban.com

Relationship / 6 July 2023

Kalangan Sendiri

4 Solusi Jitu untuk Kakak GSM Hadapi Anak yang Sulit Diatur di Kelas Sekolah Minggu

Lori Official Writer
1529

Kecintaan kita kepada anak-anak tidak perlu diragukan lagi. Namun, mengajar anak-anak di sekolah minggu tetap merupakan tugas yang tidak mudah, bukan? Salah satu tantangannya adalah bagaimana mengatasi anak-anak yang sulit diatur dan seringkali menimbulkan kekacauan saat ibadah. Jangan putus asa, para guru sekolah minggu!

Berikut ini ada empat solusi yang bisa kita terapkan di sekolah minggu:

1. Andalkan Tuhan

Solusi pertama yang dapat kita lakukan adalah mengandalkan "firman Tuhan". Dalam Ibrani 12:11 tertulis, "Memang, setiap hukuman pada saat itu tidak menyenangkan, tetapi menyakitkan. Tetapi akhirnya, hukuman itu menghasilkan buah damai yang adil bagi mereka yang dilatih olehnya."

Mungkin anak-anak akan menganggap disiplin sebagai sebuah hukuman. Namun, biarkan mereka mengalami perubahan melalui proses disiplin yang kita terapkan. Meskipun karakter mereka mungkin membuat kita kesal, sebagai guru, kita harus mendisiplinkan anak-anak dengan kasih Kristus. Berikanlah contoh yang baik kepada mereka dan dukunglah mereka melalui doa.

 

Baca Juga: KAKAK GSM PERLU TAHU CARA HADAPI ANAK BERPERILAKU SULIT DI SEKOLAH MINGGU 

 

2. Buat Aturan di Kelas

Ajak anak-anak untuk memahami aturan yang harus mereka patuhi saat mengikuti sekolah minggu. Berikut beberapa langkah yang bisa kita lakukan:

  • Buat aturan dasar: Ajarkan anak-anak untuk tetap diam saat guru berbicara, mengangkat tangan jika ingin berbicara atau mengajukan pertanyaan.
  • Tetapkan sanksi yang jelas: Ingatkan anak-anak mengenai sanksi yang akan diberikan jika mereka melanggar aturan yang telah disepakati, misalnya dikeluarkan dari kelas dan tidak diperbolehkan masuk sepanjang ibadah, atau didisiplinkan di sudut ruangan.

 

3. Perlakukan Anak Sesuai Karakter Masing-masing

Sebagai guru sekolah minggu, kita dapat melakukan beberapa hal berikut untuk menjaga situasi di kelas:

Pertama, bagi anak-anak yang sulit diatur, kita bisa menghadapinya dengan sikap dan kata-kata lembut.

Kedua, bagi anak-anak yang sulit diam dan suka berbicara dengan teman-temannya, ajak mereka untuk fokus atau bahkan libatkan mereka secara aktif dalam kegiatan selama ibadah.

Ketiga, bagi anak-anak yang tampak perfeksionis, perlakukan mereka dengan memberikan waktu untuk berbicara secara pribadi dan meyakinkan mereka bahwa kita memahami perasaan mereka.

 

Baca Juga: CIRI-CIRI GURU SEKOLAH MINGGU YANG BENAR-BENAR MENYUKAI DAN MENIKMATI PELAYANANNYA

 

4. Hindari Memberikan Terlalu Banyak Nasehat

Anak-anak hanya akan mendengar nasihat kita untuk pertama kalinya. Namun, setelah itu, mereka akan mulai mengabaikannya. Oleh karena itu, usahakan untuk tidak terlalu banyak memberikan nasehat kepada anak-anak. Cobalah metode ini, seperti memberikan perhatian kepada mereka, fokus pada anak, atau sesekali ajak mereka melakukan kegiatan yang menyenangkan bersama. Teruslah berlatih menerapkan hal-hal tersebut dan lihatlah hasilnya.

Melayani anak-anak di sekolah minggu adalah panggilan yang mulia yang bisa kita lakukan untuk generasi ini. Tetaplah semangat dan bersama-sama kita akan menciptakan generasi yang mengalami transformasi dalam Tuhan.

Halaman :
1

Ikuti Kami