4 Alasan Mengapa Kita Harus Menjadi Saksi Kristus
Sumber: gri.or.id

Kata Alkitab / 3 July 2023

Kalangan Sendiri

4 Alasan Mengapa Kita Harus Menjadi Saksi Kristus

Bella Tiurma Official Writer
2950

Panggilan seluruh umat Kristiani di dunia adalah untuk menjadi saksi Kristus. Sebagai pengikut Kristus, kita diutus untuk memberikan kesaksian tentang kasihNya, kebenaranNya, dan kuasaNya dalam kehidupan kita. Kita sebagai saksi Kristus memiliki kesempatan untuk menjadi saluran berkat dan menyebarkan kabar baik tentang Kristus kepada lingkungan sekitar kita dan seluruh dunia. 

“Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,” - Matius 28 : 19 

Namun, menjadi saksi Kristus bukan hanya sekedar memberikan kesaksian dengan kata-kata saja, tetapi setiap karakter dan tindakan kita yang mencerminkan karakter Kristus di dalam hidup kita. Ketika kita mampu menerapkan segala hal sesuai dengan apa yang telah diajarkan-Nya di dalam hidup kita, maka kita dimampukan untuk menunjukkan kasih, kerendahan hati, dan keadilan. Serta kita pun menjadi seorang yang akan menajdi saksi hidup bagi kemulianNya.

 

Baca Juga : Bekerja di Kantor adalah Anugerah! Ayo Gunakan Kesempatan Ini Tuk Jadi Saksi Kristus

 

Berikut 4 alasan mengapa kita harus menjadi saksi Kristus. 

1. Menjadi Saksi Kristus Turun Langsung kepada Kita 

Penerimaan menjadi saksi Kristus terjadi berawal dari Yerusalem, Yesus memerintahkan kepada orang-orang percaya sesuai dengan yang dikatakan dalam Kisah Para Rasul 1 : 8 “Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi." 

Menjadi saksi tentu membutuhkan kemampuan dan kesetiaan dalam memberitakan kepada orang-orang tentang Yesus. Melalui peran kita sebagai saksi Kristus, kita dimampuknan untuk membagikan pesan injil bersamaan dengan kesaksian pribadi kita. Sehingga menjadi saksi Kristus tidak dapat dialih tugaskan kepada orang lain karena telah diturunkan langsung kepada kita. 

2. Bersaksi Tercermin Melalui Teladan dan Ucapan 

Melalui teladan, kita memberikan akses kepada kasih Allah untuk terus mengalir melalui kita untuk kita berikan kepada orang lain yang berinteraksi dengan kita. Apa yang menjadi tindakan kita akan memiliki kemampuan untuk menarik orang lain kepada suatu hal yang kita lakukan. 

“Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi." - Kisah Para Rasul 4 : 32 

Di sisi lain, menjadi saksi Kristus dapat tercermin melalui setiap kata-kata yang terucap oleh kita dalam membagikan injil. Seperti apa yang dilakukan oleh Petrus yang berbicara kepada orang banyak pada hari Pentakosta (Kisah Para Rasul 2). Dimana Petrus dengan berani membawakan khotbah yang penuh kuasa. Begitupun dengan para murid lainnya yang menggunakan setiap kesempatan untuk membagikan pesan Tuhan. 

 

Baca Juga : 7 Teladan Yesus yang Bisa Kamu Gunakan Sebagai Strategi Menjalani Hidup Sukses

 

3. Kesaksian yang dikuatkan oleh Roh Kudus 

Apa yang telah Tuhan turunkan atas kita (Kisah Para Rasul 1 : 8) akan dikuatkan oleh Roh Kudus yang dapat kita lihat melalui setiap upaya yang kita lakukan hanya untuk Kristus sebagai saksiNya. Sedangkan kuasa Roh Kudus yang bekerja di dalam kita dinyatakan di dalam Kisah Para Rasul 4 : 33 “Dan dengan kuasa yang besar rasul-rasul memberi kesaksian tentang kebangkitan Tuhan Yesus dan mereka semua hidup dalam kasih karunia yang melimpah-limpah.” 

Kuasa Roh Kudus yang bekerja melalui para murid menunjukkan kedua karakteristik yang sangat terlihat, yaitu keberanian (Kisah Para Rasul 4 : 31) dan kebijaksanaan (Kisah Para Rasul 6 : 10). Sehingga kuasa Roh Kudus yang turun akan mengalami urapan yang luar biasa di dalam kita melalui tanda dan mukjizat Tuhan. 

4. Meningkatkan Pertumbuhan Gereja 

Ketika menjalankan peran kita sebagai saksi Kristus, maka kita akan merasakan dampak yang sangat luar biasa dengan melihat pertumbuhan yang terjadi di dalam gereja. Hal ini telah dinyatakan setelah Petrus membawakan khotbah di hari Pentakosta dan telah dinyatakan dalam Kisah Para Rasul 2 : “Orang-orang yang menerima perkataannya itu memberi diri dibaptis dan pada hari itu jumlah mereka bertambah kira-kira tiga ribu jiwa.” sebagai bukti dari efek yang terjadi setelah menjalankan misi sebagai sajksi Kristus.

Halaman :
1

Ikuti Kami