Kamu Sering Tidur dengan Posisi Tengkurap? Ada 3 Bahaya bagi Kesehatan Tubuh
Sumber: sisternet.co.id

Health / 1 July 2023

Kalangan Sendiri

Kamu Sering Tidur dengan Posisi Tengkurap? Ada 3 Bahaya bagi Kesehatan Tubuh

Bella Tiurma Official Writer
1083

Setelah melewati banyaknya kegiatan yang telah menyita waktu dan tenaga, tentu setiap orang perlu mengistirahatkan badan. Namun, posisi tidur tertentu memiliki dampak yang berbahaya bagi kesehatan, seperti terlalu sering tidur dalam posisi terngkurap. Meskipun dengan posisi tengkurap dipercaya dapat membantu mengurangi seseorang mendengkur dan menurunkan risiko terserang sleep apnea. 

Beberapa orang mungkin memiliki posisi tidur ternyamannya masing-masing, tetapi jika posisi tidur tersebut memberikan dampak buruk bagi kesehatan ada baiknya untuk dihentikan kebiasaan tersebut. Berikut beberaoa dampak yang akan Anda rasakan jika kebiasaan tidur tengkurap tetap kamu lakukan. 

1. Merasakan Nyeri pada Punggung 

Tidur dengan posisi tidur tengkurap akan membuat tulang belakang atau tulang punggung akan menjadi melengkung. Posisi ini jika terus menerus dipertahankan akan memberikan efek buruk bagi tulang dan persendian, dimana tulang belakang menjadi tegang dan kaku sehingga akan menimbulkan rasa nyeri. 

Setiap orang mungkin akan merasakan sakit atau nyeri yang berbeda-beda, beberapa orang ada yang merasakan sakit di area leher, punggung, hingga persendian. Jika hal ini dipertahankan mampu mempengaruhi kualitas tidur, karena rasa sakit dan nyeri akan membuat kita terbangun ditengah malam dan membuat jam tidur akan semakin berkurang. 

Rasa sakit dan nyeri akan dirasakan karena berat badan kita akan berpusat pada bagian tengah atau pada bagian tulang belakang dan tidak adanya keseimbangan tekanan pada bagian tengah tubuh.  

2. Menghambat Masuknya Oksigen 

Pada posisi tidur yang tengkurap seseorang akan merasakan adanya gangguan pada aliran darah ke pusat saraf otak. Karena pada saat posisi tidur tengkurap aliran darah menuju pusat saraf akan menjadi tersumbat, bahkan mampu menyebabkan kerusakan pada pusat saraf jika terlalu sering dalam posisi tengkurap. 

3. Leher menjadi Kaku dan Nyeri 

Dampak yang akan dirasakan oleh seseorang ketika mempertahankan posisi tidur dengan tengkurap akan merasakan nyeri pada leher bahkan menjadi kaku. Seperti apapun posisi kita tidur, kita akan tetap bernapas dan tidak mungkin kita akan menenggelamkan wajah ke dalam batal. 

Sehingga tidur dalam posisi tengkurap dengan jangka waktu yang lama akan menimbulkan rasa sakit pada leher hingga kaku. Ketika kondisi ini tidak ditangani dengan segera dan masih tetap mempertahankan tidur dalam posisi tengkurap akan menimbulkan pergeseran sendi sedikit demi sedikit. 

4. Nyeri pada Dada 

Kebanyakan orang yang tidur dalam posisi tengkurap akan memposisikan wajah yang menempel pada bantal dan membuat lubang hidung tertutup dengan bantal. Hal ini akan menyebabkan adanya tekanan pada saluran pernapasan terutama himpitan yang terjadi akibat bobot tubuh yang tengkurap. Oleh karena itu, seseorang yang tetap mempertahankan posisi tidur tengkurap akan mengalami penghambatan pada sistem pernapasan dan dada akan menjadi terasa nyeri. Selain itu, seseorang akan merasakan berat yang berlebih ketika bangun tidur.

Sumber : hellosehat.com | klikdokter.com
Halaman :
1

Ikuti Kami