Ingin Memiliki Tubuh Sehat? Konsumsi Yogurt Secara Rutin dan Nikmati 4 Manfaatnya
Sumber: kompas.com

Health / 30 June 2023

Kalangan Sendiri

Ingin Memiliki Tubuh Sehat? Konsumsi Yogurt Secara Rutin dan Nikmati 4 Manfaatnya

Bella Tiurma Official Writer
1296

Bagi kebanyakan orang yang ingin menjalankan hidup sehat, salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi yogurt. Tak jarang yogurt digunakan sebagai makanan pengganti di pagi hari, tetapi beberapa orang mengonsumsi yogurt di sela waktu makan siang dan malam. Yougurt dipercaya memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh karena diolah melalui fermentasi bakteri baik yaitu probiotik sebagai hasil dari produk olahan susu

Bakteri yang digunakan dalam proses pembuatan yogurt ini pun menghasilkan asam laktat yang berfungsi sebagai salah satu zat yang membuat protein pada susu menjadi kental, menghasilkan rasa alami, dan sebuah tekstur. 

Dengan mengonsumsi yogurt secara rutin akan memberikan banyak manfaat baik bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan pembuatan yogurt dilakukan tanpa adanya penambahan gula ataupun bahan kimia lainnya. Sehingga yogurt aman untuk dikonsumsi. 

Berikut 4 manfaat yogurt yang akan Anda dapatkan ketika mengonsumsi yogurt dan telah teruji melalui sebuah penelitian. 

 

Baca Juga : Resep Smoothie Jeruk Yogurt & Melon Kiwi Nan Segar

 

1. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan 

Pada sebuah penelitian telah menguji bahwa yogurt mampu meperbaiki masalah pencernaan dengan bantuan Bifdobacteria dan memperbaiki kualitas kesehatan tubuh perempuan yang mengalami gejala pencernaan ringan. Selain itu, sebuah penelitian juga menyatakan bahwa probiotik yang tekandung dalam yogurt mampu melindungi seseorang dari diare dan konstipasi. 

Dalam penelitian ini menggunakan sample yang berlangsung dalam kurun waktu 2 hingga 8 minggu dan hasil dari uji coba tersebut menghasilkan bahwa ada 50 persen sample menunjukkan adanya peningkatan yang nyata dalam menangani permasalahan nyeri perut simtomatik yang berhubugan dengan iritasi pada usus besar. 

2. Menjaga Kesehatan Jantung 

Beberapa penelitian telah menyatakan bahwa asupan produk lemak jenuh yang terdapat dalam produk susu mampu meningkatkan kolestrol baik yaitu HDL (High Density Lipoprotein) yang berfungsi untuk mencegah terjadinya ateroma atau penyempitan pembuluh darah akibat lemak. Selain itu, akan membantu untuk menjaga kesehatan jantung. 

Hal ini dikarenakan sebagian besar kandungan yogurt didalamnya terdapat lemak jenuh dan memiliki kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dalam jumlah yang sedikit. 

 

Baca Juga : Yogurt Bantu Hilangkan Lemak Perut

 

3. Menjaga Berat Badan 

Kandungan protein yang tinggi di dalam yogurt, seringkali digunakan oleh kebanyakan orang untuk menjaga berat badan bahkan menurunkan berat badan. Hal ini dapat terjadi karena protein yang terkandung dapat bekerja sama dengan kalsium untuk memicu peningkatan produktifitas hormon penurun nafsu makan, salah satunya peptida YY dan GLP-1 (Glucagon Like Peptide-1). 

Manfaat ini diperkuat dengan sebuah penelitian yang menyatakan bahwa seseorang yang mengonsumsi yogurt secara rutin akan memiliki pola makan yang lebih baik. Karena adanya kandungan nutrisi pada yogurt yang lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan kalorinya. 

4. Meningkatkan Imunitas Tubuh 

Berdasarkan beberapa penelitian yang telah dilakukan, probiotik yang terkandung dalam yogurt mampu membantu mengurangi tingkat keparahan seseorang mengalami flu biasa. Sehingga dengan mengonsumsi yogurt seseorang dapat memperkuat daya tahan tubuhnya dan mengurangi kemungkinan-kemungkinan penularan virus atau faktor lainnya. 

Meningkatnya imunitas tubuh seseorang saat mengonsumsi yogurt secara rutin karena yogurt mengandung magnesium, selenium, dan seng. Tak hanya itu, yogurt memiliki kandungan vitamin D yang bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh seseorang.

Sumber : kontan.co.id | kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami