Apa Kata Alkitab Tentang Inses?
Sumber: Jawaban.com

Kata Alkitab / 27 June 2023

Kalangan Sendiri

Apa Kata Alkitab Tentang Inses?

Lois Official Writer
7959

Dosa inses terjadi bila ada tindakan seksual di luar hubungan suami istri di antara anggota keluarga maupun bukan, yang melibatkan dua orang yang sudah dewasa atau yang salah satunya sudah dewasa. Contoh nyata yaitu tindakan seksual yang terjadi antara orangtua dengan anak. Secara Alkitab, tindakan seksual di luar pernikahan merupakan dosa.

 

Apa Yang Alkitab Katakan

Siapapun di antaramu janganlah menghampiri seorang kerabatnya yang terdekat untuk menyingkapkan auratnya; Akulah Tuhan…karena setiap orang yang melakukan sesuatupun dari segala kekejian itu, orang itu harus dilenyapkan dari tengah-tengah bangsanya. Imamat 18:6,29

Karena Yohanes pernah menegor Herodes :”Tidak halal engkau mengambil isteri saudaramu!” Markus 6:18.

 

Baca Juga: Akibat Kutukan Atau Inses?

 

Memang orang mendengar bahwa ada percabulan di antara kamu, dan percabulan yang begitu rupa, seperti yang tidak terdapat sekalipun di antara bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, yaitu bahwa ada orang yang hidup dengan isteri ayahnya…orang itu harus kita serahkan dalam nama Tuhan Yesus kepada iblis, sehingga binasa tubuhnya, agar rohnya diselamatkan pada hari Tuhan. 1 Kor 5:1,5

Tetapi kenakanlah Tuhan Yesus Kristus sebagai perlengkapan senjata terang dan janganlah merawat tubuhmu untuk memuaskan keinginannya. Roma 13:14

Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan keluar, sehingga kamu dapat menanggungnya. 1 Kor 10:13

 

Jika Anda Adalah Korban

Kekerasan seksual merupakan trauma tersendiri dalam kehidupan, namun jangan sampai merusak kehidupan Anda. Anda mungkin merasa bersalah karena Anda membiarkan atau membolehkan diri Anda dianiaya. Atau mungkin Anda adalah seorang Kristen ketika Anda dan pelaku melakukan hal itu, sehingga Anda mengganggap Tuhan tidak akan mengampuni Anda.

Banyak korban mau tidak mau mengingat masa lalu yang kelam tersebut sehingga mereka masuk dalam hidup penuh kebencian, kepahitan dan kekecewaan, ketakutan dan keinginan untuk balas dendam. Tapi, Anda bisa memilih untuk bebas dari semua itu dan bahkan dapat memberikan pengampunan kepada pelaku di dalam hati Anda.

Yesus dan Stefanus, ketika saat-saat kematian mereka, keduanya mau memaafkan orang-orang yang telah bersalah kepada mereka. Jika Anda adalah seorang yang percaya Yesus, Anda punya kekuasaan dan pengaruh dengan Tuhan apakah dosa seseorang itu tinggal atau pergi dari orang yang berbuat dosa kepada Anda (Yohanes 20:23). Tuhan akan mendengar doa Anda. Hanya saja, ingat bahwa Yesus datang untuk mengampuni, bukan untuk menghukum.

Sangat penting bagi Anda untuk mengampuni. Dengan menahan kekecewaan dan amarah hanya akan menyakiti Anda dan Anda tidak akan merasa bersih total. Sekali Anda berdoa untuk orang tersebut dan minta Tuhan untuk mengampuninya, beban berat di hati Anda akan diangkat. Walaupun berat untuk mengampuni dan melupakan, Anda bisa mengingat pengampunan.

 

Jika Anda Adalah Pelaku

Anda perlu dibebaskan. Minta dengan sungguh-sungguh agar Tuhan menolong Anda agar dijauhkan dari cobaan. Langkah awal yang bisa dilakukan yaitu dengan lahir baru secara rohani. Baik dosa seksual ataupun dosa lainnya, minta pertolongan Tuhan dan ampunan-Nya maka Tuhan akan bersihkan hati Anda saat itu juga.

Jika Anda seorang percaya, tanya pendeta / gembala sidang Anda atau konseling Kristen untuk berdoa bersama Anda dan minta Tuhan untuk menolong Anda mengatasi masalah tersebut. minta mereka bersatu hati meminta pengampunan bagi Anda kepada Tuhan dan Anda akan diampuni.

 

Baca Juga: Ramai Dibicarakan, Ini Lho 4 Kasus Inses yang Terjadi di Dalam Alkitab!

 

Jika Anda Adalah Saksi

Cari bantuan untuk korban dan pelaku. Jika Anda dekat dengan mereka, Anda butuh orang lain untuk membantu mereka. Berdoa minta Tuhan jalan apa yang bisa Anda ambil. Selanjutnya, cari konselor yang melayani hal seperti ini. Dan bertindaklah hanya bila Anda sudah yakin dengan pimpinan Tuhan.

Anda harus yakin atas konsekuensi tindakan yang sudah Anda putuskan untuk diambil. Apapun pimpinan Tuhan untuk Anda lakukan, ingat bahwa hal ini bukanlah pembalasan, tapi yang mereka butuhkan adalah pertolongan.

Baik Anda adalah korban, pelaku, maupun saksi, Anda dapat meminta pertolongan Tuhan dan Tuhan akan memberikan pemulihan dan jalan keluar. Minta tuntunan-Nya selalu, di dalam nama Yesus, dosa seksual akan ditinggalkan dan setan tidak lagi berkuasa atas Anda.

Sumber : cbn/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami