Virus Oz Berasal dari Hewan? Perhatikan Ciri-ciri Hewan dalam Kesehatan yang Buruk
Sumber: halodoc.com

Health / 26 June 2023

Kalangan Sendiri

Virus Oz Berasal dari Hewan? Perhatikan Ciri-ciri Hewan dalam Kesehatan yang Buruk

Bella Tiurma Official Writer
1487

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI saat ini mengawasi adanya laporan kasus kematian pertama di dunia dengan penemuan virus baru yang menyerang lansia usia 70-an di Jepang. Virus yang sedang banyak diperbincangkan adalah Virus Oz yang termasuk ke dalam klasifikasi Thogotovirus yang dapat ditemukan pada kutu hewan. 

Pada kasus yang sedang marak diperbincangkan di Jepang, disebabkan oleh kutu yang teridentifikasi menyerang manusia masuk ke dalam jenis kutu Amblyomma Testudinarium. Dimana melalui kutipan yang dijabarkan oleh Japan Times, beberapa hewan liar yang berada di Jepang telah memiliki antibodi terhadap Virus Oz

Oleh karena itu, dalam memelihara dan memilih hewan peliharaan, bahkan disaat momen seperti saat ini yang akan memberikan hewan kurban perlu adanya kewaspadaan dalam menjaga kesehatannya. Berikut ciri-ciri hewan Anda dalam kesehatan yang kurang baik. 

1. Ada Masalah pada Bagian Mata 

Hewan yang kurang sehat memiliki tanda pada mata yang bermasalah dan salah satu ciri hewan tersebut terserang virus ataupun adanya infeksi bakteri, seperti mata memerah, sekresi (cairan dari kelenjar) pada mata, dan prolaps (penonjolan) pada kelopak mata. 

 

Baca Juga : Wabah Penyakit Mulut dan Kuku pada Ternak, Apakah Menularkan Manusia?

 

2. Perubahan Warna Gusi 

Ciri-ciri mendasar saat melihat apakah hewan peliharaan atau hewarn kurban dalam kondisi kesehatan yang tidak baik salah satunya dari warna gusinya. Umumnya hewan memiliki warna gusi merah muda, kecuali beberapa hewan yang telah lahir dengan gusi berwarna hitam. 

3. Hilangnya Nafsu Makan 

Pada umumnya, hewan dengan kondisi yang kurang baik akan kehilangan nafsu makan. Hal ini dapat dilihat pada hewan Anda dalam jangka waktu satu hari. Terlebih jika ada gejala lainnya seperti kelelahan, muntah, bahkan tidak adanya asupan cairan. Ciri-ciri ini dapat menjadi perhatian khusus bagi kita karena mampu membuktikan bahwa hewan kita memiliki kondisi yang kurang baik 

4. Respon yang Berlebih 

Hewan yang sedang memiliki kesehatan yang tidak baik-baik saja, akan memberikan respon yang berlebih atau agresif. Hal ini dapat terjadi karena salah satu bentuk penyampaian mereka kepada kita sebagai manusia bahwa dirinya dalam keadaan yang tidak baik. Seperti adanya masalah pada giginya, peradangan sendi, luka, bahkan infeksi pada tubuhnya. 

 

Baca Juga : Waspada! Meski Menggemaskan, Kucing Bisa Menularkan 3 Penyakit Ini Lho

 

5. Bulu Rontok yang Berlebih 

Ketika kita melihat hewan kita melakukan gerakan atau respon merontokkan bulu secara berlebih dapat menjadi salah satu tanda bahaya yang menyatakan bahwa hewan kita dalam keadaan yang tidak baik. 

6. Jumlah Urin yang Terlalu Banyak 

Jika hewan kita menghasilkan jumlah urin yang terlalu banyak atau diatas batas normal dan adanya perubahan warna dapat menjadi salah satu ciri-ciri hewan peliharaan kita sedang dalam kondisi yang tidak baik. Karena ciri-ciri tersebut dapat terjadi ketika hewan terserang inkoninensia urin (hilangnya kontrol otot kantung kemih yang menyebabkan sulit menahan buang air kecil), diabetes, infeksi saluran kemih, bahkat penyakit ginjal.

Sumber : cnnindonesia.com | health.detik.com | style.tribunnews.com
Halaman :
1

Ikuti Kami