Fakta Alkitab: Kisah Yesus Mendapatkan Gelar Singa Dari Yehuda
Sumber: jawaban.com

Fakta Alkitab / 22 June 2023

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab: Kisah Yesus Mendapatkan Gelar Singa Dari Yehuda

Claudia Jessica Official Writer
4138

Singa sebagai hewan yang kuat dan berani digambarkan dalam banyak naskah, lukisan, dan patung selama berabad-abad, termasuk dalam Kitab Suci, mulai dari Perjanjian Lama hingga Perjanjian Baru. Yesus sendiri memiliki sebutan sebagai Singa dari Yehuda. Tapi apakah benar binatang singa ada di Israel?

Banyak lukisan gua dan pahatan-pahatan di gua-gua yang mengindikasikan bahwa singa sangat banyak di Israel jauh sebelum zaman Alkitab. Beberapa suku dan kota kuno di Israel menggunakan singa sebagai simbol mereka, misalnya suku Israel kuno Yehuda, dan ibu kota Israel, Yerusalem.

Ahli fauna menyebut singa asli Israel dan wilayah Timur Tengah lainnya adalah jenis Panthera Leo dan Panthera Leo Persica dari Asia. Jenis tersebut tidak sebesar singa Afrika. Anda bisa menemukan lebih dari 150 kata singa dalam Alkitab.

 

BACA JUGA: Homoseksual Sudah Ada Sejak Alkitab Belum Ditulis! Lihat Fakta Alkitab-nya di Sini!

 

Alasan pasti di balik kepunahan singa di Israel tidak diketahui, tetapi spekulasi yang beredar adalah pertumbuhan populasi manusia, hilangnya habitat, dan korban dari permainan perburuan yang dilakukan oleh beberapa kalangan. Singa di Israel diketahui telah punah sejak tentara Salib menginvasi Tanah Suci.

Bangsa Israel tidak asing dengan keberadaan singa. Kisah Daniel di Goa Singa pasti menjadi ingatan di luar kepala. Demikian juga kisah Simson yang bisa ditemui dalam Kitab Perjanjian Lama atau Talmud Yahudi. Salah satu hakim Israel itu membunuh singa dengan tangan kosong.

Raja Salomo pun menghiasi tahta singgasananya dengan hiasan singa.

Salomo memiliki takhta yang besar dari gading gajah dan melapisinya dengan emas murni. Ada enam anak tangga menuju takhta dan sebuah puncak bundar di bagian belakang takhta itu, dan lengan-lengan di setiap sisi tempat duduknya, dan dua ekor singa berdiri di samping lengan-lengan itu. Dua belas singa berdiri di atas enam anak tangga di sisi yang satu dan di sisi yang lain.

Sebutan Yesus sebagai Singa dari Yehuda muncul dalam Kitab Wahyu 5:5 yang berbunyi:

“Lalu berkatalah seorang dari tua-tua itu kepadaku: "Jangan engkau menangis! Sesungguhnya, singa dari suku Yehuda, yaitu tunas Daud, telah menang, sehingga Ia dapat membuka gulungan kitab itu dan membuka ketujuh meterainya."

 

BACA JUGA: Fakta Alkitab: Lokasi Kedatangan Yesus yang Kedua

 

Gelar Yesus sebagai Singa dari Yehuda sebenarnya sudah dinubuatkan sejak jaman Perjanjian Lama. Ketika Yakub terbaring lemah di ranjang menjelang kematiannya, dia memberikan berkat kepada ke-12 putranya yang kelak akan memimpin 12 suku Israel. Saat gilirannya, Yakub memberkati Yehuda, putra keempatnya, dia memberikan berkat khusus yang tercatat pada Kejadian 49:9:

“Yehuda adalah seperti anak singa:  setelah menerkam, engkau naik ke suatu tempat yang tinggi, hai anakku; ia meniarap dan berbaring seperti singa jantan atau seperti singa betina; siapakah yang berani membangunkannya?”

Yehuda sebagai anak ke-4 memperoleh hak kesulungan dari Yakub, karena Yakub menyaksikan bahwa Yehuda dia telah memenangkan banyak pertempuran yang luar biasa dan membuktikan dirinya berani dan kuat seperti singa. Sebuah pencapaian yang tidak dilakukan oleh kakak-kakanya nomor satu sampai tiga.  Oleh karena itu Yakub mengatakan bahwa Yehuda akan menerima semua hak kesulungan dan segala berkat istimewa yang menyertainya.

Di kemudian hari, hampir semua raja-raja di Israel adalah keturunan Yehuda. Di antara mereka yang paling terkenal adalah Raja Daud dan penggantinya, yaitu Raja Salomo. Yesus, Juruselamat Dunia yang juga adalah Raja memiliki garis keturunan dari Yehuda. Oleh karena itu, Yesus memiliki gelar Singa dari Yehuda.

 

Saksikan video Fakta Alkitab: Kisah Yesus Mendapatkan Gelar Singa Dari Yehuda

Sumber : jawaban channel
Halaman :
1

Ikuti Kami