6 Manfaat Tidur Siang Singkat bagi Orang Dewasa, Salah Satunya Menjaga Kesehatan Otak
Sumber: rakyatbengkulu.disway.id

Health / 21 June 2023

Kalangan Sendiri

6 Manfaat Tidur Siang Singkat bagi Orang Dewasa, Salah Satunya Menjaga Kesehatan Otak

Bella Tiurma Official Writer
1711

Bagi kebanyakan orang tidur siang memiliki banyak manfaatnya, mulai dari kesehatan fisik hingga kesehatan mental. Meskipun banyak manfaat dari tidur siang, bagi orang dewasa yang telah memiliki aktivitas yang cukup padat seringkali terlewatkan. 

Namun, dengan melakukan tidur siang singkat yang hanya memakan waktu 20 – 30 menit saja kita sebagai orang dewasa khususnya akan merasakan manfaatnya. Untuk mendapatkan manfaatnya dengan maksimal kita harus memastikan bahwa lingkungan sekitar tenang dan suhu ruang yang sejuk. 

Oleh karena itu, ketika kita merasa kelelahan di siang hari atau bahkan kita tidak fokus dalam melakukan sesuatu pekerjaan, mungkin salah satu solusi yang bisa dipakai adalah dengan tidur siang. Berikut beberapa manfaat yang diberikan ketika kita melakukan tidur siang singkat yang berkualitas. 

1. Menjaga Konsentrasi dan Lebih Produktif 

Ketika kita melakukan tidur siang singkat akan membantu menurunkan tingkat adenosin yang ada di dalam otak kita yang memiliki peran dalam menciptakan rasa kantuk. Sehingga akan membuat kinerja otak akan bekerja secara optimal dan konsentrasi menjadi meningkat. 

 

Baca Juga : Power Nap, Solusi Bagi Anda yang Suka Ngantuk Setelah Makan!

 

2. Mengoptimalkan Daya Ingat 

Untuk mengoptimalkan dan meningkatkan daya ingat, pada dasarnya setiap orang akan melakukan hidup sehat. Tetapi beberapa orang mungkin tidak mengetahui bahwa dengan tidur siang mampu meningkatkan kemampuan otak kita, terutama dalam menyimpan ingatan hal-hal baru. 

Hal ini diperkuat dengan adanya sebuah penelitian dari The long-term memory benefits of a daytime nap compered with cramming yang diterbitkan oleh Sleep Research Society menjelaskan bahwa dengan melakukan tidur siang akan memberikan manfaat bagi setiap orang, khususnya bagi ingatan jangka panjang dibandingkan tetap terjaga. 

Dimana dalam penelitian ini dilakukan tiga percobaan berbeda, yaitu kelompok pertama menghabiskan waktu selama 30 menit untuk tidur siang, kelompok kedua menghabiskan waktu hanya dengan beristirahat saja, dan kelompok ketiga menghabiskan waktu dengan menggali informasi sebanyak-banyaknya. 

Sehingga hasil dari penelitian tersebut memiliki kesimpulan bahwa kelompok yang menghabiskan waktu selama 30 menit untuk tidur siang lah yang memiliki daya ingat yang jauh lebih baik dibandingkan dua kelompok lainnya. 

3. Memperbaiki Suasana Hati 

Setiap orang yang telah melakukan tidur siang sekalipun itu hanya dengan waktu singkat akan mendapatkan suasana hati yang lebih baik setelahnya. Hal ini dapat terjadi karena seseorang yang tidur dengan baik meskipun singkat akan memulihkan energi yang secara tidak langsung akan memengaruhi suasana hatinya juga. 

Selain itu, dengan tidur siang akan memberikan dampak untuk menurunkan tingkat risiko terkena depresi. Karena dengan tidur siang akan membuat seseorang mendapatkan efek relaksasi ketika kita merasa setres dan jenuh. 

 

Baca Juga : Tidur Siang Segarkan Tubuh, Ini Cara dan Kelebihannya

 

4. Menurunkan Tekanan Darah 

Tak jarang seseorang yang merasakan kelelahan dan dan setres karena rutinitas yang harus dikerjakan akan memberikan risiko meningkatnya tekanan darah atau hipertensi. Tetapi kondisi ini bisa ditangani dengan memberikan waktu yang cukup untuk beristirahat dan tidur, salah satunya dengan tidur siang. Hal ini dapat terjadi karena dengan melakukan tidur siang kita akan mendapatkan penurunan produksi hormon setres yaitu hormon kortisol  yang akan meningkatkan tekanan darah kita. 

5. Menjaga Kesehatan Kulit Wajah 

Seseorang yang memiliki kebiasaan untuk mengambil waktu sejenak tidur siang akan memberikan efek dalam membantu mengontrol hormon dan mengoptimalkan produksi kolagen. Hormon nutrisi inilah yang sangat diperlukan dalam memperoleh kulit wajah yang tampak awet muda dan menghindari masalah kulit penuaan dini. 

6. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung 

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang sangat dihindari oleh setiap orang. Sehingga salah satu cara yang paling mudah dalam menurunkan risiko penyakit jantung adalah dengan mengambil waktu tidur yang cukup pada siang hari. Dimana kita dapat mengambil waktu secara maksimal selama 30 menit per hari untuk tidur siang. 

Cara ini didukung dengan sebuah penilitian yang dilakukan oleh Universitas Tokyo di Jepang yang menyatakan bahwa tidur siang selama 30 menit mampu menurunkan risiko penyakit jantung koroner. Namun, hal ini perlu adanya penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasi manfaat dari tidur siang terhadap kesehatan jantung.

Sumber : halodoc.com | siloamhospitals.com
Halaman :
1

Ikuti Kami