Tidur Siang Segarkan Tubuh, Ini Cara dan Kelebihannya
Sumber: shutterstock.com

Fit & Charming / 7 February 2014

Kalangan Sendiri

Tidur Siang Segarkan Tubuh, Ini Cara dan Kelebihannya

Lois Official Writer
4812

Tidur yang cukup merupakan salah satu kunci untuk tubuh tampil fit dan dapat melakukan berbagai aktifitas. Namun, jika kurang tidur, maka solusi yang paling tepat adalah dengan melakukan tidur siang. Pertanyaannya, berapa lama tidur siang yang efektif dan kapan waktu yang tepat untuk melakukannya?

Manfaat Tidur Siang

Penelitian menyatakan bahwa tidur siang tidak hanya mencukupi kebutuhan istirahat dan penyembuhan, namun juga dapat meningkatkan mood dan kewaspadaan sepanjang hari.

Studi juga menunjukkan bahwa orang yang mengambil tidur siang sampai 20 persen lebih baik dalam hal memori daripada mereka yang melakukan olahraga.

Para peneliti percaya tidur dapat membantu hippocampus (bagian dari otak yang bertanggung jawab untuk memori jangka pendek) untuk memberikan ruang bagi informasi baru.

Ideal Lamanya Tidur Siang

Mereka yang rutin tidur siang 10 – 20 menit setiap hari, akan bangun dengan mata dan tubuh yang lebih segar daripada mereka yang menghabiskan satu hingga berjam-jam tidur siang. Tidur siang terlalu lama justru akan membuat seseorang lebih susah tidur lelap di malam hari.

Kapan Saat yang Tepat?

Para ilmuwan menyarankan paling tidak harus ada jarak sekitar 4 jam dari tidur siang dengan tidur malam. Semakin dekat waktu tidur siang kita dengan waktu tidur malam, maka akan semakin sulit untuk terbangun saat tidur siang sehingga jadwal tidur malam pun kacau.

Cobalah buktikan sendiri. Badan akan terasa lebih segar setelah tidur siang dalam waktu yang ideal tersebut, sehingga Anda pun dapat kembali melakukan aktifitas meski yang terpadat sekalipun.

 

Baca juga :

Otak dalam Bahaya Jika Sering Begadang

Hari Ini Di Sini Jual Ikan Segar

10 Makanan Bentuk Hati Untuk Orang Terkasih

Tipe Tontonan yang Tidak Baik Untuk Anak

Ingin Jadi Presenter Sepak Bola? Ini Caranya

Sumber : kompas.com-merdeka.com by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami