Sudah Terjadi Berulang Kali, Gereja KGPM Kembali Dibakar dan Pelaku Belum Ditemukan
Sumber: asset.kompas.com

News / 15 June 2023

Kalangan Sendiri

Sudah Terjadi Berulang Kali, Gereja KGPM Kembali Dibakar dan Pelaku Belum Ditemukan

Claudia Jessica Official Writer
1301

Pada hari Selasa (30/5/2023) sekitar pukul 09.42 WITA, terjadi kejadian yang diduga pembakaran oleh orang tak dikenal (OTK) di rumah ibadah Kerapatan Gereja Protestan Minahasa (KGPM) yang terletak di Jalan Kebun Sari, Desa Ngatabaru, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

Kaleb Tokii, seorang Kepala Bidang (Kabid) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Kristen Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Tengah, mengatakan bahwa kasus ini telah dilaporkan ke pihak kepolisian.

Menurut pernyataan Kaleb, gedung Kerapatan Gereja Protestan Minahasa telah dibakar sebanyak 3 kali oleh orang yang tak dikenal. “Pernah dibakar sampai rata tanah, dan kali ini hanya bagian dalamnya yang dibakar,” katanya seperti yang dikutip dari Kompas.com pada hari Selasa (13/06/2023).

 

BACA JUGA:

Teror Bakar Gereja terjadi di Sulawesi Tenggara

Gereja di Tembagapura Ludes Dibakar, Pelaku Ketahuan Setelah Upload Foto ke Sosial Media

 

Adapun beberapa yang dibakar meliputi mimbar pelayanan, meja, kotak persembahan, karpet altar, kain latar belakang mimbar, kain taplak mimbar, hingga foto gambar Tuhan Yesus.

Menurut Kaleb, meskipun terjadi kejadian tersebut, gereja KGPM tetap digunakan untuk kegiatan ibadah setiap hari Minggu.

“Setelah dilakukan olah TKP (Olah Tempat Kejadian Perkara) gereja itu sudah digunakan dengan kondisi seadanya,” imbuhnya.

Salah satu anggota DPR RI, Matindas Janus Rumambi bahwa kasus ini telah terjadi berulang kali. Tetapi polisi masih belum bisa mengungkapkan siapa pelaku dibalik kejadian pembakaran rumah ibadah gereja KGPM.

“Kepolisian harusnya lebih serius, apa pun rumah ibadah siapa pun itu harus diseriusi. Dalam menangani kasus seperti itu. Ini merupakan pelanggaran serius, harus diusut,” tegas Matindas.

Setelah kejadian ini, Polres Sigi telah melakukan penyelidikan di lokasi kejadian. Ferry Triyanto, Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Polres Sigi, menyatakan bahwa beberapa saksi yang berada di sekitar area, termasuk petugas keamanan yang bertugas menjaga gedung, telah dimintai keterangan oleh pihak kepolisian.

 

BACA JUGA:

Sebuah Gereja di Poso, Coba Dibakar OTK

Orang Tak Dikenal Bakar Gereja Protestan Minahasa Theodora

 

“Rekaman CCTV (Closed Circuit Television) gudang yang berdekatan dengan gedung tersebut telah diambil untuk dijadikan bahan penyidikan. Pelaku pembakaran belum dapat kami tetapkan karena masih dalam pengembangan,” pungkasnya.

Lewat kejadian ini, mari kita berdoa agar pelaku segera ditemukan sehingga jemaat gereja KGPM dapat melaksanakan ibadah dengan aman dan tenang tanpa merasa khawatir gerejanya terbakar lagi.

Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami