Sebuah Gereja di Poso, Coba Dibakar OTK
Sumber: Jawaban.com

Nasional / 1 March 2017

Kalangan Sendiri

Sebuah Gereja di Poso, Coba Dibakar OTK

daniel.tanamal Official Writer
4066

Percobaan pembakaran sebuah gereja kembali terjadi, kali ini di Desa Pinedapa, Kecamatan Poso Pesisir, Poso, Sulawesi Tengah, pada Rabu pagi (1/3/2017) sekitar pukul 8.00 Wita, satu gereja coba dibakar oleh orang tidak dikenal (OTK). Akibatnya pintu depan dan lantai rumah ibadah jemaat Ranindaya rusak.

"Jadi dari hasil olah TKP sementara kita menemukan adanya kerusakan bekas pembakaran pada bagian pintu masuk gereja dan lantai. Kita masih terus melakukan penyelidikan untuk mengungkap motif dan siapa pelakunya," kata Kapolres Poso AKBP Bogiek Sugiyarto.

Menurutnya pembakaran gereja tersebut dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan ingin mengganggu situasi keamanan yang sudah kondusif. Dan aksi pembakaran oleh orang tidak dikenal tersebut diduga berlangsung singkat dan terjadi saat kondisi di sekitar lokasi gereja sedang sepi dan kosong, sehingga pelaku tidak sempat teridentifikasi.

Kapolres sendiri berharap media dan masyarakat Kabupaten Poso untuk tidak cepat menyimpulkan siapa pelaku dan motif dari pembakaran rumah ibadah tersebut. "Kondisi Kamtibmas sekarang sangat kondusif. Saya berharap, pasca-kejadian ini, baik media atau masyarakat, bisa berpatisipasi dan tidak berspekulasi secara dini menentukan motif dan siapa pelakunya," harapnya.

Selain itu pihak kepolisian menyatakan bahwa kemungkinan pelaku pembakaran gereja sama sekali tidak berkaitan dengan jaringan kelompok teroris Santoso yang kini terus dikejar dalam operasi Tinombala 2017.

 


Sumber : kompas
Halaman :
1

Ikuti Kami