Kelihatannya Sih Indah, Tapi Mata Kucing Seperti Ini Bisa Jadi Indikasi Kanker Lho!
Sumber: yesdok.com

Health / 15 June 2023

Kalangan Sendiri

Kelihatannya Sih Indah, Tapi Mata Kucing Seperti Ini Bisa Jadi Indikasi Kanker Lho!

Claudia Jessica Official Writer
1151

Mata kucing yang bersinar saat terkena sinar lampu terlihat indah bukan? Namun, jika hal tersebut terjadi pada manusia, artinya ada kelainan yang terjadi pada orang tersebut.

dr. Delfitri Lutfi, SpM (K), seorang Dokter Mata dari RSUD Dr. Soetomo Surabaya, menjelaskan bahwa pada kondisi normal, warna pupil mata cenderung gelap dan akan tampak merah saat terkena kilatan flash dari kamera. Dia juga menambahkan bahwa banyak orang tua yang belum menyadari bahwa anak-anak mereka memiliki “mata kucing” atau perbedaan warna mata yang terlihat dari hasil foto.

“(mata kucing) itu sebenarnya ada sesuatu, itu bukan normal ya. Normalnya itu tidak bersinar, jadi kalau itu ada retinoblastoma (kanker mata) yang bisa memancarkan pendaran pendaran seperti berwarna menyala pada malam makanya bisa seperti mata kucing,” ungkap dr. Delfitri.

 

BACA JUGA: Layanan Doa dan Konseling CBN Meneguhkan Iman Krismiati Hingga Suaminya Sembuh dari Kanker

 

Selain mengenai gejala mata kucing, dr. Delfitri juga memberikan saran kepada para orang tua yang memiliki anak kecil untuk sesekali mencoba menutup salah satu mata secara bergantian. Hal ini bertujuan untuk memeriksa apakah anak tersebut memberikan respon yang sama pada kedua mata.

“Kalau kita menutup salah satu mata dan dia merasa gelisah, jangan jangan mata yang ditutup adalah mata yang bisa melihat lebih baik sehingga perlu di periksa. Meskipun hal tersebut belum tentu menentukan retinoblastoma atau kanker mata,” jelas dr. Delifitri.

Selain itu, ada lagi beberapa gejala kanker mata yang perlu Anda perhatikan berikut ini:

1. Pupil berwarna putih (leukocoria)

Jika mata anak tampak putih ketika disinari cahaya, ini bisa menjadi tanda leukokoria atau refleksi korioretinal. Ini adalah gejala yang umum terkait dengan beberapa jenis kanker mata pada anak, seperti retinoblastoma. Jika Anda melihat pupil anak berwarna putih, sebaiknya segera periksakan ke dokter mata.

 

BACA JUGA: Nunung Srimulat Didiagnosis Kanker, Kenali Gejala Payudara dan Cara Pencegahannya

 

2. Mata merah, iritasi, atau peradangan

Jika mata anak terus-menerus merah, mengalami iritasi, atau peradangan yang tidak membaik dengan pengobatan umum, ini bisa menjadi gejala kanker mata atau tumor intraokular lainnya.

3. Penurunan penglihatan

Jika anak mengeluh penglihatan kabur, penglihatannya menurun secara tiba-tiba, atau memiliki kesulitan melihat dengan jelas, itu bisa menjadi gejala adanya kanker mata.

4. Pembengkakan atau benjolan di sekitar mata

Jika Anda melihat ada benjolan, pembengkakan, atau perubahan fisik lainnya di sekitar mata anak, segera periksakan ke dokter.

5. Strabismus atau mata juling

Jika mata anak terlihat menonjol atau mengarah ke arah yang berbeda (strabismus), ini bisa menjadi gejala adanya masalah mata yang serius, termasuk kanker mata.

Penting untuk diingat bahwa gejala di atas tidak selalu menunjukkan adanya kanker mata, tetapi jika Anda melihat perubahan atau gejala yang tidak biasa pada mata anak, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau spesialis mata. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan tes yang diperlukan untuk membuat diagnosis yang akurat dan merencanakan perawatan yang sesuai.

 

BACA JUGA: Evan, Malaikat Kecil yang Ubahkan Hidup Sang Ayah

 

Tanda dan ciri-ciri yang telah disebutkan sebelumnya tidak selalu menunjukkan adanya retinoblastoma. Namun, jika Anda merasa khawatir ketika melihat anak mengalami salah satu atau beberapa ciri tersebut, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter mata untuk mendapatkan perawatan secepat mungkin.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami