Lakukan 4 Cara ini untuk Menerapkan Alkitab dalam Kehidupan Sehari-hari
Sumber: canva

Kata Alkitab / 14 June 2023

Kalangan Sendiri

Lakukan 4 Cara ini untuk Menerapkan Alkitab dalam Kehidupan Sehari-hari

Bella Tiurma Official Writer
2897

Penerapan Alkitab di dalam kehidupan sehari-hari kita merupakan langkah awal yang sangat penting dalam memperkuat iman dan membangun hubungan yang lebih dekat lagi dengan Tuhan. Dimana Alkitab bukan hanya sekadar kitab suci, tetapi sebuah panduan khusus yang diberikan Tuhan kepada setiap umat Kristiani dengan harapan kita mampu menerima setiap arahan yang diberikan untuk menghadapi tantangan dan keputusan sehari-hari. 

Setiap umat Kristiani yang mau menerapkan Alkitab di dalam kehidupan sehari-harinya perlu melibatkan pemahaman dan perenungan akan Firman Tuhan dengan hati yang terbuka. Tak hanya itu, kita perlu memiliki komitmen yang kuat sebagai pondasi awal dalam penerapannya dalam segala aspek kehidupan. 

Dengan sebuah komitmen yang kuat, kita mampu menghidupan nilai-nilau Alkitab dalam setiap tindakan dan perilaku sehari-hari kita. Sehingga menjadikan kita pribadi yang lebih baik lagi dan memberikan berkat bagi orang disekitar. 

Seperti yang dikatakan dalam Mazmur 1 bahwa seseorang yang mampu merenungkan Firman Tuhan di dalam hidupnya seperti pohon yang berbuah dan ditanam di dekat sungai. Dimana merenungkan Firman Tuhan merupakan sebuah keistimewaan yang telah Tuhan berikan untuk kita yang tidak hanya mendapatkan semangat hati setiap hari saja, tetapi mampu mengubah pribadi kita dari dalam hingga luar. 

Tak jarang seseorang hanya berfokus pada waktu membaca Alkitab saja atau saat teduh, dimana kita menyiapkan waktu yang hanya di khususkan untuk membaca Alkitab. Tetapi kita pun juga perlu memahami bahwa tak hanya mempertahankan kebiasaan itu tapi menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. 

Berikut 4 cara yang bisa kamu gunakan dalam menerapkan Alkitab dalam kehidupan sehari-hari. 

 

Baca Juga : 7 Alasan Mengapa Memuji Tuhan Sangat Penting dalam Kehidupan Orang Kristen

 

1. Meletakkan Alkitab di tempat yang sering dilihat 

“Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua mana pun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita.” - Ibrani 4 : 12 

Berdasarkan ayat tersebut, dijelaskan bahwa Firman Tuhan memiliki dua cara kerja di dalam hidup kita yaitu hidup dan kuat. Satu hal yang harus kita ingat selalu adalah Alkitab merupakan kebenaran yang abadi. Dimana keabadian ini mampu memiliki dampak bagi setiap orang yang memahaminya. Karena kita akan diberikan sebuah pesan keselamatan, penyembuhan hati, keyakinan, mengarahkan langkah, penguat, hingga pengungkapan setiap kehendak-Nya. 

Oleh karena itu, ketika kita meletakkan Alkitab di tempat yang akan sering kita lihat menjadi salah satu cara pengingat untuk diri kita di tengah kehidupan duniawi. Hal ini dilakukan supaya kita selalu merenungkan dan menerapkan setiap Firman Tuhan yang mampu mengubah kehidupan kita.  

2. Menaikkan doa melalui Firman Tuhan yang dibaca 

Terkadang ada beberapa orang yang menaikkan doa berdasarkan rhema yang didapat dari Firman Tuhan yang dibaca setiap harinya. Misalkan hari ini kita membaca firman dari Mazmur 23 : 1 – 2 “Tuhan adalah gembalaku, takkan kekurangan aku. Ia membaringkan aku di padang yang berumput hijau, Ia membimbing aku ke air yang tenang;” dan kita menaikkan doa bagaimana kita memandang Tuhan Yesus sebagai gembala kita yang menuntun dan mengarahkan kita di sepanjang hari ini dan kita bersyukur karna kita yakin bahwa kita tidak akan  merasakan kekurangan di hari ini. 

Ketika kita menerapkan doa yang berdasarkan firman yang kita baca, berarti kita mengakui bahwa Firman Tuhan yang dibaca hidup dan aktif, serta kita dapat menyatakan kebenaran firman-Nya atas hidup kita dan turut meminta kepada Tuhan untuk hadir dalam setiap situasi dan kehidupan kita. 

 

Baca Juga : 11 Alasan Mengapa Kita Harus Membaca Alkitab

 

3. Membuat jadwal ayat hafalan mingguan 

Penghafalan setiap apa yang Tuhan katakan merupakan salah satu cara yang dapat membantu kita untuk lebih mengenal Dia dan hidup seturut kehendak-Nya. Hal ini pun akan memberikan banyak berkat dan manfaat yang dapat kita rasakan. Karena setiap kita menghafal firman Tuhan akan memperkuat langkah kita yang tak tergoyahkan, seperti yang tertulis di dalam Mazmur 37 : 31 “Taurat Allahnya ada di dalam hatinya, langkah-langkahnya tidak goyah.” 

Namun, tak jarang beberapa orang akan mengesampingkan ayat hafalan karena dianggap terlalu sulit atau menyita waktu. Tetapi pada kenyataannya, banyak orang yang menghabiskan waktu di media sosial, menonton film, ataupun melakukan hobi yang mereka senangi saja dibandingkan dengan memberikan waktunya untuk menghafal Firman Tuhan. 

Oleh karena itu, untuk membiasakan diri dalam menghafalkan ayat Alkitab, kita dapat memulai dengan membuat kartu catatan kecil, menuliskan ayat mingguan di sebuah buku jurnal, ataupun menempelkan kertas di tempat khusus yang sering kita lihat. 

4. Mendengarkan aplikasi Alkitab 

Salah satu cara ini mungkin akan berguna bagi seseorang yang sedang melakukan perjalanan atau sedang melakukan sebuah aktivitas lain yang harus di kerjakan, yaitu dengan mendengarkan Firman Tuhan atau renungan dari beberapa aplikasi ataupun konten-konten kristiani yang membawakan Firman Tuhan. Hal ini dapat dilakukan sebagai sarana bagi orang-orang yang tidak memiliki waktu membaca, sehingga masih tetap bisa menerima Firman Tuhan setiap hari dengan media audio.

Apakah Anda diberkati dengan artikel ini dan rindu agar orang lain ikut diberkati? Mari bersama-sama dengan kami terus menghasilkan konten-konten inspiratif dengan terus mendukung pelayanan kami dengan klik link di bawah.

 

DONASI

Sumber : crosswalk.com
Halaman :
1

Ikuti Kami