7 Alasan Mengapa Memuji Tuhan Sangat Penting dalam Kehidupan Orang Kristen
Sumber: jawaban.com

Kata Alkitab / 11 June 2023

Kalangan Sendiri

7 Alasan Mengapa Memuji Tuhan Sangat Penting dalam Kehidupan Orang Kristen

Claudia Jessica Official Writer
3616

Sebagai pengikut Kristus, kita membangun banyak kebiasaan rohani yang penting ke dalam hidup kita seperti berdoa, membaca Alkitab, bersyukur, dan sebagainya. Semua ini adalah elemen penting dalam kehidupan orang Kristen.

Salah satu yang elemen yang tidak kalah penting adalah memuji Tuhan. Ini adalah salah satu kegiatan yang sering kali orang Kristen lakukan saat sedang dalam masa sukar.

Apa yang membuat pujian begitu penting? Inilah 7 alasan mengapa memuji Tuhan sangat penting dalam kehidupan orang Kristen:

#1 Pujian meningkatkan semangat Anda

Mazmur 42:6-7 berkata, “Mengapa engkau tertekan, hai jiwaku, dan gelisah di dalam diriku? Berharaplah kepada Allah! Sebab aku akan bersyukur lagi kepada-Nya, penolongku dan Allahku! Jiwaku tertekan dalam diriku, sebab itu aku teringat kepada-Mu dari tanah sungai Yordan dan pegunungan Hermon, dari gunung Mizar.”

Tidak dapat disangkal bahwa banyak hal di dunia yang dapat membuat kita merasa putus asa. Tetapi, Mazmur 42 mengingatkan kita untuk memuji Tuhan dan mengingat apa yang telah Dia lakukan dalam hidup kita.

 

BACA JUGA: 10 Lagu Rohani sebagai Penyemangat Hidup

 

Dunia sedang mencari harapan. Kendati sebagai pengikut Yesus, kita tahu bahwa satu-satunya alasan untuk berharap adalah Dia. Inilah alasan mengapa memuji Tuhan sangat penting dalam kehidupan umat Kristen. Dengan memuji Tuhan, kita dapat membangkitkan semangat dan mengalihkan pandangan kita dari masalah-masalah yang kita hadapi kemudian mengarahkannya kepada Yesus.

#2 Pujian Membantu Anda Merasakan Kehadiran Tuhan

Tuhan selalu hadir, baik ketika Anda merasakannya maupun ketika Anda tidak merasakannya. Ketika Anda tidak merasakan kehadiran Tuhan, itu artinya Anda perlu menyembah dan menaikkan pujian bagi-Nya. Tahukah Anda, kita cenderung lebih mudah bertindak sesuai dengan perasaan dibandingkan pikiran logis?

Nyatanya, kedewasaan adalah ketika kita melakukan apa yang benar, baik itu kita menyukainya ataupun tidak. Alkitab berkata, “Sungguh, orang-orang benar akan memuji nama-Mu, orang-orang yang jujur akan diam di hadapan-Mu.” (Mazmur 140:14)

#3 Pujian Memperbesar Pandangan Anda tentang Tuhan

Dalam Mazmur 69:31, Alkitab memberitahu kita, “Aku akan memuji-muji nama Allah dengan nyanyian, mengagungkan Dia dengan nyanyian syukur.”

 

BACA JUGA: Bernyanyilah, Tuhan Tidak Mengkritik Suaramu

 

Ketika kita melihat sesuatu dengan kaca pembesar, itu menjadi lebih besar. Ketika Tuhan semakin besar, masalah kita semakin kecil. Jadi, entah masalah Anda akan menjadi besar atau Tuhan akan menjadi besar, itu adalah pilihanmu.

#4 Pujian Mengungkapkan Solusi yang Tidak Pernah Kita Lihat

Kita semua memiliki masalah dalam hidup kita yang tidak bisa kita pecahkan. Mazmur 73:16-17 menggambarkan situasi seperti ini: “Tetapi ketika aku bermaksud untuk mengetahuinya, hal itu menjadi kesulitan di mataku, sampai aku masuk ke dalam tempat kudus Allah, dan memperhatikan kesudahan mereka.”

Bait Allah adalah metafora dalam Mazmur ini untuk datang ke hadirat Allah. Ketika Anda sedang mencari jawaban dari doa-doa Anda, Tuhan bisa memberikan jawabannya saat Anda menaikkan pujian.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA →

Sumber : pastorrick.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami