Untung Atau Buntung? Begini Cara Pake Kartu Kredit Biar Gak Jadi Beban Hutang
Sumber: canva.com

Finance / 14 June 2023

Kalangan Sendiri

Untung Atau Buntung? Begini Cara Pake Kartu Kredit Biar Gak Jadi Beban Hutang

Claudia Jessica Official Writer
1196

Beberapa dari Anda mungkin masih merasa takut untuk menggunakan kartu kredit karena khawatir tidak bisa mengontrolnya sehingga malah menjadi malapetaka nantinya. Kartu kredit yang tidak digunakan dengan baik bisa menjadi malapetaka yang mendatangkan hutang dari tagihan yang menumpuk. Saya juga merasakannya.

Dalam dunia keuangan, penggunaan kartu kredit dapat menjadi senjata bermata dua. Jika digunakan dengan bijak, kartu kredit dapat memberikan manfaat yang signifikan, seperti cashback, reward, atau perlindungan pembelian. Namun, jika tidak dikelola dengan hati-hati, kartu kredit bisa berujung pada hutang yang menumpuk dan beban keuangan yang berkepanjangan.

 

BACA JUGA: Biar Kartu Kredit Bermanfaat & Gak Jadi Beban, Ikuti 7 Tips Bijak Menggunakan Kartu Kredit

 

Jadi, bagaimana cara menggunakan kartu kredit dengan bijak? Berikut adalah tiga tips penting yang bisa Anda terapkan:

1. Hapus Biaya Tahunan

Salah satu langkah pertama yang dapat Anda ambil untuk mengoptimalkan penggunaan kartu kredit adalah dengan menghapus biaya tahunan. Banyak bank atau penyedia kartu kredit menawarkan opsi untuk menghilangkan biaya tahunan, terutama jika Anda adalah nasabah yang baik dan memiliki riwayat pembayaran yang baik.

Langkah ini bisa menghemat uang Anda secara signifikan setiap tahun. Sebelumnya, pastikan Anda membaca dan memahami syarat dan ketentuan dari penyedia kartu kredit, dan jika memungkinkan, pilihlah kartu kredit yang tidak membebankan biaya tahunan.

2. Manfaatkan Promo Spesial

Yang kedua, manfaatkan promo-promo yang ada dengan bijak untuk mengoptimalkan pengeluaran Anda. Periksalah secara rutin situs web atau aplikasi penyedia kartu kredit Anda untuk melihat penawaran yang sedang berlaku. Anda dapat memanfaatkannya untuk mendapatkan diskon belanja, cashback, atau reward poin yang dapat ditukarkan dengan berbagai produk atau layanan.

 

BACA JUGA: Buat Kamu Yang Terlilit Hutang Karena Keranjingan Belanja, Coba Atasi Dengan 3 Cara Ini

 

Namun perlu ingat, jangan tergoda untuk berbelanja berlebihan hanya karena ada promo, tetaplah berbelanja sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang telah Anda tetapkan sebelumnya.

3. Gunakan untuk Bisnis

Selain digunakan untuk keperluan pribadi, kartu kredit juga bisa menjadi alat yang efektif untuk mengelola keuangan bisnis Anda. Jika Anda memiliki bisnis kecil atau sedang merintis usaha, menggunakan kartu kredit bisnis dapat membantu memisahkan transaksi pribadi dan bisnis. Ini membuat pencatatan keuangan dan pelaporan pajak lebih mudah dilakukan.

Selain itu, banyak penyedia kartu kredit bisnis menawarkan manfaat khusus untuk pemilik usaha, seperti diskon pembelian bisnis, perlindungan asuransi, atau pengelolaan tagihan yang lebih efisien. Pastikan Anda memilih kartu kredit bisnis yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda dan memanfaatkan manfaatnya dengan bijak.

Kartu kredit itu bisa diibaratkan seperti pisau. Dia bisa memberikan manfaat tetapi juga bisa bikin celaka. Jadi, bukan kartu kredit yang jahat, melainkan risiko besar yang berasal dari ketidaktahuan kita.

 

BACA JUGA: Alami Kesulitan Karena Cuma Bisa Bayar Minimum Tagihan Kartu Kredit? Yuk Lakukan 5 Hal Ini

 

Dengan menerapkan tiga tips tersebut, Anda dapat menggunakan kartu kredit dengan lebih bijak dan menghindari hutang yang tidak terkendali. Ingatlah untuk membayar tagihan kartu kredit tepat waktu dan secara penuh setiap bulan agar tidak terbebani dengan bunga yang tinggi.

Pastikan juga untuk memonitor pengeluaran Anda secara rutin, membuat anggaran yang realistis, dan tetap disiplin dalam mengelola keuangan Anda.

Sumber : gatherich
Halaman :
1

Ikuti Kami