Olahraga Memang Menyehatkan Tubuh, Tapi Olahraga yang Berlebih akan Berakibat Buruk
Sumber: Freepik.com

Health / 3 June 2023

Kalangan Sendiri

Olahraga Memang Menyehatkan Tubuh, Tapi Olahraga yang Berlebih akan Berakibat Buruk

Bella Tiurma Official Writer
2088

Bagi kebanyakan orang untuk mendapatkan tubuh yang sehat, tak jarang seseorang akan meluangkan waktunya untuk berolahraga secara rutin. Namun, sesuatu yang dilakukan secara berlebihan akan menimbulkan dampak yang buruk. Begitupun dalam dunia olahraga, ketika dilakukan secara berlebihan bukan mendapatkan tubuh yang kuat dan sehat, tetapi akan mendapatkan munculnya berbagai penyakit. 

Meskipun hingga saat ini tidak ada acuan yang mengkategorikan secara jelas besaran dan intensitas olahraga yang sudah tergolong sebagai olahraga yang berlebih. Tetapi bagi beberapa orang yang telah memiliki kebiasaan berolahraga dengan intensitas yang cukup sering atau berlebihan biasanya akan mengalami beberapa hal berikut ini 

  • Jantung berdetak kencang walaupun dalam kondisi istirahat
  • Kelelahan atau badan terasa tidak enak sampai mengganggu pekerjaan dan kegiatan sehari-hari
  • Kesulitan memiliki konsentrasi
  • Suasana hati yang mudah berubah atau moodyan
  • Intensitas cidera yang terlalu sering
  • Penurunan berat badan secara drastis 

Ketika seseorang mengalami salah satu dari sekian banyak keluhan tersebut, adanya kemungkinan bahwa olahraga yang dilakukan telah melebihi batas kemampuan tubuh. Jika hal ini diabaikan dan tubuh dipaksa untuk terus berolahraga, maka akan memicu dampak buruk bagi kesehatan fisik. Tak hanya itu, seseorang akan menjadi kecanduan olahraga dan akan memaksakan diri untuk terus berolahraga walaupun tubuh sedang dalam keadaan tidak sehat. 

Dampak Buruk Olahraga yang Berlebih 

1. Jangka Pendek 

  • Kelelahan

Berolahraga dengan intensitas yang sangat berlebih akan membuat tenaga dalam tubuh seseorang akan terkuras habis dan tubuh akan merasakan lemas, mual, bahkan yang terparahnya adalah tidak ada tenaga sama sekali untuk melakukan hal lainnya. Jika kondisi ini diabaikan, maka seseorang akan terkena kelelahan kronis. 

  • Nyeri otot

Olahraga terlalu lama dan sering terkadang seseorang akan merasakan nyeri bahkan sakit pada otot-otot tubuh. Sepert pada persendian, tulang, dan beberapa anggota tubuh lainnya. Tak hanya itu, seseorang akan mengalami cedera ketika dipaksa untuk tetap berolahraga. 

  • Sakit punggung

Dampak ini akan sangat terasa ketika seseorang sering melakukan olahraga yang melibatkan banyak otot punggung. Ketika adanya tekanan yang berlebih pada tulang punggung yang menimbulkan rasa sakit. 

  • Susah tidur

Tak jarang seseorang berolahraga dengan batas yang normal untuk mengatasi masalah susah tidur atau insomnia. Tetapi jika seseorang melakukan olahraga secara berlebih malah mengakibatkan susah tidur dan insomnia. Karena olahraga dengan intensitas yang berlebih akan memberikan dampak bagi tubuh menjadi setres dan memicu diproduksinya kortisol berlebih yang memberikan efek pada seseorang tidak merasakan kantuk, terasa sulit merasa rileks, dan tidak dapat tidur 

Sumber : halodoc.com | liputan6.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami