Pj Babel Mengusulkan Pengembangan Teologi Kasihan dalam Kunjungan PGIW dan GPdI
Sumber: serumpun.babelprov.go.id

News / 25 May 2023

Kalangan Sendiri

Pj Babel Mengusulkan Pengembangan Teologi Kasihan dalam Kunjungan PGIW dan GPdI

Bella Tiurma Official Writer
1532

Dalam kunjungan yang dilakukan oleh Persatuan Gereja-gereja Indonesia Wilayah (PGIW) dan Gereja Pentakosta di Indonesia (GPdI) Kepulauan Bangka Belitung (Babel), di Gedung Mahligai Rumah Dinas Gubernus, Selasa (32/05). Pada kesempatan tersebut Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Suganda menyampaikan usulannya bahwa di Kep. Babel perlu dikembangkannya Teologi Kasihan, seperti yang disampaikan oleh Dr. K. H. Saad Ibrahim, MA. 

Hal ini disampaikan guna menyikapi toleransi antar umat beragama di Bumi Serumpun Sebalai atau Kep. Babel menjadi semakin kuat. Menurut Pj Gubernur Suganda, hal ini sangat baik, meskipun seseorang beranggapan bahwa dirinya paling benar, tapi perlu diingat setiap orang hidup dalam lingkungan bermasyarakat. Sehingga setiap orang perlu adanya rasa saling menolong.

Baca Juga : Memasuki Bulan Oikumene, Berikut Pesan dari PGI untuk Anda

“Intinya, kalau kita merasa paling benar, kita harus bisa memberikan yang terbaik untuk orang lain di sekitar kita. Sikap itu harus dikembangkan, supaya toleransi antar umat beragama di Kepulauan Babel ini jadi semakin kuat,” ujar Pj Gubernur Suganda yang dikutip melalui babelprov.go.id. 

Dalam pertemuannya dengan PGIW dan GPdI, Pj Gubernur Suganda juga menyampaikan rencana kedepannya yang akan merencanakan pertemuan dengan seluruh tokoh agama di Kepulauan Babel. Hal ini direncanakan dengan tujuan untuk menyamakan persepsi supaya Kep, Babel tidak mudah masuknya paham radikalisme dan terprovokasi. 

Ketika seluruh umat beragama telah menjadi satu persepsi, maka seluruh masyarakat dapat hidup dengan damai. Karena NKRI adalah miliki bersama bukan salah satu agama saja. Sehingga setiap orang dapat hidup dengan saling mengasihi dan mencintai satu sama lain. 

Selain itu, maksud dari kunjungan PGIW adalah sebagai undangan resmi yang diberikan kepada Pj Gubernur Suganda, dengan harapan dapat hadir pada acara ibadah Oikumene dalam rangka memperingati kenaikan Tuhan Yesus.

Baca Juga : Sambut Ulang Tahun PGI, Berikut Liturgi Bulan Oikumene 2023

“Rencananya, tanggal 26 Mei 2023 nanti, panitia pelaksana dari Persatuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) akan melaksanakan acara ibadah Oikumene dalam rangka memperingati kenaikan Tuhan Yesus ke Surga, di Sungailiat. Kami harap Pak Pj bisa hadir.” ungkap Ketua Umum PGIW Kepulauan Bangka Belitung, Pendeta Sanema Aro Zagoto. 

Dalam kunjungan ini, pertemuan bersama Pj Gubernur Suganda pun turut hadir Pj Ketua TP-PKK Kep. Babel Maya Suganda Pasaribu, Pengutus PGIW Kepulauan Babel, dan sejumlah pengurus GPdI Kepulauan Babel.

Sumber : babelprov.go.id | bangkapos.com
Halaman :
1

Ikuti Kami