Memandang Persoalan Dari Sudut Pandang yang Berbeda
Kalangan Sendiri

Memandang Persoalan Dari Sudut Pandang yang Berbeda

Lori Official Writer
      2266

Fearless Faith Seri 7 Konsep "Keteguhan Iman" dan Bagaimana Memperkuatnya 

 

Ayat Renungan: 1 Petrus 5: 9, “Lawanlah dia dengan iman yang teguh, sebab kamu tahu, bahwa semua saudaramu di seluruh dunia menanggung penderitaan yang sama.”

Ayat renungan hari ini memberikan kita dorongan semangat untuk melawan kekuatan lain yang berusaha menjatuhkan kita. Hal itu bisa dalam bentuk persoalan, bisa juga dalam bentuk tantangan. Tapi apakah kamu sering mencoba untuk lari dari persoalan dan tantangan?

Persoalan adalah sesuatu yang tidak mengenakkan, mengintimidasi dan membuat hati kita terluka serta menyerah. Hari ini mari kita memandang persoalan dari sudut pandang yang berbeda. Bahwa masalah adalah anak tangga yang akan membawa kita kepada kebesaran.

Sangat penting bagi kita untuk memperbaiki cara pandang kita. Saat Daud disuruh oleh orang tuanya mengurus kambing domba di padang gurun, Daud melihat hal itu sebagai kesempatan untuk semakin dekat dengan Tuhan. Di sana kita bisa lihat bahwa Daud banyak sekali mengungkapkan isi hatinya kepada Tuhan.

Masalah seringnya terjadi agar kita bisa mengalami perjumpaan dengan Tuhan. Masalah juga bisa membuat kita menjadi kuat, menjadi disiplin dan bertanggung jawab. Kita bukan orang yang gampangan karena sudah terlatih menghadapi masalah tersebut dan kita diberi hikmat untuk mengatasinya. Dalam 1 Samuel 17: 33-37, Daud dengan percaya diri menyampaikan kepada Raja Saul bahwa dia sudah berpengalaman menaklukkan binatang buas. Walaupun dia hanya menggembalakan kambing domba pada awalnya, tetapi dia tidak kecewa dan marah. Pengalaman ini membuat Daud dikenal luas di dalam Alkitab. Saat dia menggembalakan domba, dia memandang hal itu sebagai kesempatan untuk belajar dan menambah ilmu serta memperkuat dirinya. Sampai akhirnya terbukti Daud sanggup memenangkan pertandingan dengan Goliat.

Apa yang perlu kita pelajari dari Daud?

1. Masalah akan membuat kita semakin mendekat kepada Tuhan. Kadang-kadang Tuhan izinkan persoalan untuk Dia bisa mengajar kita.

2. Masalah mengajar kita untuk menjadi kuat.

3. Masalah membuat kita cakap untuk berperang dan sanggup menghadapi hal yang paling sukar sekalipun.

Mari mengubah pola pandang kita, tidak menjadi alergi kepada masalah atau menghindar dari masalah. Tapi mari melihat masalah sebagai sebuah kesempatan untuk kita naik menuju tangga kebesaran kita.

 

Action: Bagaimana kamu menghadapi masalah atau persoalan dalam hidupmu? Apakah kamu memilih lari? Jika kamu merasa sendirian menghadapi masalah, kami hadir untuk membantumu lewat Layanan Doa CBN di Call Center 0811 9914 240 atau Whatsapp 0822 1500 2424 (24 jam setiap hari).

 

Ayat Hafalan: 1 Petrus 5: 9, “Lawanlah dia dengan iman yang teguh, sebab kamu tahu, bahwa semua saudaramu di seluruh dunia menanggung penderitaan yang sama.”

 

Hak cipta @Maria Kaesmetan

Ikuti Kami