Makna Cinta Kasih Dalam Hubungan Komunitas Kristiani

Relationship / 9 May 2023

Kalangan Sendiri

Makna Cinta Kasih Dalam Hubungan Komunitas Kristiani

Bella Tiurma Official Writer
3668

Kata cinta kasih merupakan kata yang paling indah diberikan kepada seseorang atau sebuah ungkapan semangat yang diberikan pada banyak orang. Tak hanya itu, cinta kasih yang diinginkan oleh setiap orang tidak menemukan makna yang sesungguhnya mengenai cinta kasih yang sejati. Sehingga pada kehidupan ini setiap orang melakukan pencarian tanpa henti terhadap apa yang dinamakan dengan cinta kasih. 

Pada sebuah hubungan komunitas kristiani, cinta kasih yang digunakan seturut dengan Firman Tuhan dalam 1 Korintus 13, yaitu tiga hal penting yang digunakan dalam kehidupan seperti iman, pengharapan dan cinta. Cinta kasih yang dikatakan dalam Alkitab adalah cinta kasih yang sempurna, dimana Allah adalah suatu perwujudan tentang cinta kasih. Sehingga Allah yang sempurna berarti cinta kasih-Nya pun turut sempurna. 

“Kita mengasihi, karena Allah lebih dahulu mengasihi kita.” - 1 Yohanes 4 : 19

Baca Juga : Mengenal Apa Itu Cinta

Cinta kasih bukan hanya sekedar perasaan yang menyenangkan dan indah saja, tetapi sebuah komitmen dan janji untuk setia. Cinta kasih yang berdasarkan dengan komitmen akan bertahan lama dibandingkan cinta kasih berdasarkan perasaan saja. Karena tanpa komitmen perasaan cinta kasih seseorang akan memiliki kemungkinan untuk pudar. 

Hal ini sama seperti yang telah tertulis di Perjanjian Baru sebagai salah satu bentuk cinta kasih Allah kepada umat-Nya, yaitu cinta kasih agape, cinta kasih yang tidak didasari oleh perasaan sama sekali. Sehingga setiap orang yang memberikan cinta kasih seperti ini dapat merasakan perubahan hidup dan merasakan kemerdekaan dalam dirinya, karena cinta kasih yang diciptakan hanya bersumber dari Allah yang kekal. 

Seperti yang tertulis dalam Yohanes 3 : 16 “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.” Inilah yang menjadi dasar setiap umat Kristiani dalam menjalin hubungan berkomunitas. Dimana setiap umat akan menerima kelahiran baru dan Tuhan berikan cinta kasihNya yang luar biasa bagi setiap umatNya.

Baca Juga : Kita Hanya Bisa Merasakan Hal Ini Jika Tergabung Dalam Komunitas Orang Percaya

Lahir baru dan penerimaan cinta kasih Allah akan membantu setiap orang yang mau menjalani sebuah hubungan dalam komunitas Kristiani, karena Allah telah memberikan izin kepada kita untuk saling mengasihi dengan cara yang berbeda dari sebelumnya tanpa bergantung dari respon mereka terhadap cinta kasih kita. 

Oleh karena itu, dalam sebuah hubungan komunitas Kristiani yang berlandaskan dengan cinta kasih agape dapat menjadi dasar di dalam hubungan tersebut. Hal ini dikarenakan cinta kasih agape yang berasal dari Allah mampu membuat setiap orang menerima segala kekurangan dan kelebihan orang lain. 

Meskipun pada kenyataannya di dalam kehidupan sehari-hari cinta kasih setiap orang akan kalah dengan tembok masa lalu. Rasa sakit, luka hati, bahkan penolakan, seringkali membuat setiap umat Kristiani tidak dapat memberikan atau menerima cinta kasih yang sesungguhnya.

Baca Juga : 8 Alasan Kenapa Kita Perlu Tergabung Dalam Komunitas Orang Percaya (1/2)

Sehingga dalam mengalahkan tembok masa lalu tersebut dapat dilakukan dengan sebuah pengampunan. Dimana setiap umat Kristiani dapat meminta pada Allah untuk bisa mengampuni kepada siapa kita bersalah, lalu dimulai dari Tuhan yang selalu mengampuni setiap umatNya, hingga kita dapat mengampuni setiap orang yang bersalah kepada kita. Hal ini merupakan perwujudan dari sikap kita yang memindahkan lingkaran kepahitan menjadi cinta kasih agape dari Tuhan.

Sumber : jawaban.com | buddyku.com
Halaman :
1

Ikuti Kami