Kita Hanya Bisa Merasakan Hal Ini Jika Tergabung Dalam Komunitas Orang Percaya

Kata Alkitab / 24 August 2022

Kalangan Sendiri

Kita Hanya Bisa Merasakan Hal Ini Jika Tergabung Dalam Komunitas Orang Percaya

Claudia Jessica Official Writer
574

Ibrani 10: 24-25 mengatakan, “Dan marilah kita saling memperhatikan supaya kita saling mendorong dalam kasih dan dalam pekerjaan baik. Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.”

Kita tidak diciptakan untuk menjalani hidup tanpa hubungan dengan sesama anak Tuhan. Tanpa saudara seiman, kita tidak akan pernah mengalami kepenuhan hidup yang Tuhan kehendaki bagi kita. Melalui komunitas, kita bisa menemukan tempat kita di dalam tubuh Kristus. Melalui komunitas, kita bisa belajar apa artinya melayani karena cinta, dan rasa hormat. Melalui komunitas, kita juga bisa menerima kesembuhan dan kasih yang hanya bisa datang dari mereka yang berbagi dalam Roh yang sama.

Kisah Para Rasul 2: 42-47 mengatakan, “Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa. Maka ketakutanlah mereka semua, sedang rasul-rasul itu mengadakan banyak mujizat dan tanda. Dan semua orang yang telah menjadi percaya tetap bersatu, dan segala kepunyaan mereka adalah kepunyaan bersama, dan selalu ada dari mereka yang menjual harta miliknya, lalu membagi-bagikannya kepada semua orang sesuai dengan keperluan masing-masing. Dengan bertekun dan dengan sehati mereka berkumpul tiap-tiap hari dalam Bait Allah. Mereka memecahkan roti di rumah masing-masing secara bergilir dan makan bersama-sama dengan gembira dan dengan tulus hati, sambil memuji Allah. Dan mereka disukai semua orang. Dan tiap-tiap hari Tuhan menambah jumlah mereka dengan orang yang diselamatkan.”

 

BACA JUGA: 7 Cara Sambut Jemaat Baru Agar Mereka Merasa Diterima dan Nyaman di Gereja Anda

 

Kisah Para Rasul 2 menggambarkan tentang keutuhan komunitas. Kita diciptakan untuk persekutuan yang jujur dan terbuka. Kita diciptakan untuk saling membantu, berbagi, menyembah Tuhan bersama, dan mengasihi sesama.

Lewat rekan-rekan seiman, kita menjadi saksi dunia tentang apa yang terjadi ketika Tuhan bekerja dalam hati anak-anak-Nya. Kita menyatakan kasih kita satu sama lain dan sukacita yang berasal dari hubungan kita dengan Tuhan.

Alkitab dengan jelas mengatakan bahwa komunitas membutuhkan pengorbanan dan ketulusan. 1 Korintus 12:25-26 berkata, “Supaya jangan terjadi perpecahan dalam tubuh, tetapi supaya anggota-anggota yang berbeda itu saling memperhatikan. Karena itu jika satu anggota menderita, semua anggota turut menderita; jika satu anggota dihormati, semua anggota turut bersukacita.”

Kehendak Tuhan adalah agar semua anak-anak-Nya merendahkan diri dan hidup sebagai satu tubuh. Ketika salah satu bagian tubuh fisik kita sakit, maka bagian tubuh lainnya juga merasakan sakit dan bekerjasama untuk menyembuhkannya. Tuhan menginginkan hal serupa terjadi dalam tubuh Kristus.

Dia ingin memenuhi kita dengan kasih-Nya dan menggunakan kita untuk memberikan kesembuhan bagi satu sama lain. Tuhan rindu membimbing kita kepada gaya hidup yang rendah hati dan ketersediaan untuk memberikan pengorbanan dalam menyembuhkan tubuh Kristus yang terluka.

 

BACA JUGA: 3 Alasan Kenapa Kita Tidak Boleh Meninggalkan Gereja

 

Untuk bisa memberikan kasih seperti itu, kita harus bisa menerima kasih Allah. Untuk menerima kasih Allah, kita membutuhkan Roh Kudus untuk mengisi kita dengan keberanian untuk berani terbuka kepada komunitas kita agar bisa menerima dan memberikan kasih yang telah Tuhan berikan kepada kita.

Jadi, apakah Anda akan menjadi anak yang dipenuhi dengan kasih Bapa Anda hari ini? Maukah Anda mengizinkan Tuhan menggunakan Anda untuk membantu saudara seiman kita? Akankah Anda memilih tujuan dan sukacita yang datang dari hidup penuh pengorbanan dan ketulusan?

Jika demikian, Anda akan menemukan kepuasan yang hanya dapat ditemukan dalam komunitas orang percaya yang saling mengasihi. Semoga Anda menemukan persekutuan yang dirindukan hati Anda sewaktu Anda dengan berani mengasihi saudara seiman Anda.

Sumber : crosswalk
Halaman :
1

Ikuti Kami