3 Alasan Pentingnya Pendidikan Untuk Anak Usia Dini yang Wajib Kamu Ketahui
Sumber: radioedukasi.kemendikbud.go.id

News / 2 May 2023

Kalangan Sendiri

3 Alasan Pentingnya Pendidikan Untuk Anak Usia Dini yang Wajib Kamu Ketahui

Bella Tiurma Official Writer
1285

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah salah satu wadah yang memberikan pendampingan anak dari usia lahir hingga 6 tahun. Pendampingan yang diberikan oleh PAUD meliputi perhatian dalam perkembangan rohani dan jasmani, supaya anak menjadi siap pada saat memasuki masa pendidikan lebih lanjut. 

Di beberapa daerah di Indonesia pada kenyataannya masih ada orangtua yang tidak mengetahui pentingnya pendidikan anak usia dini. Hal ini terjadi disebabkan oleh beberapa hal, seperti kondisi ekonomi, sedikitnya pengetahuan orangtua akan hal pendidikan anak, ataupun lingkungan. 

Kondisi inilah perlu adanya sosialisasi kepada setiap orangtua mengenai peran penting PAUD sangat diperlukan bagi anak. Dimana PAUD memiliki tujuan yang tidak hanya memberikan pendampingan saja, tetapi membantu menyediakan fasilitas untuk pengembangan berbagai potensi pada anak.

Baca Juga : Super5 Dorong Gereja Dukung Pendidikan Anak Usia Dini

Pendekatan yang dilakukan oleh PAUD dalam memberikan pendidikan melalui bermain sambil belajar, selain itu penanaman sikap jujur dan hal positif lainnya akan diberikan oleh PAUD pada anak. Supaya ketika anak akan masuk ke jenjang pendidikan lebih lanjut dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar maupun lingkungan sekolah. 

Berikut ini 3 alasan utama pentingnya peran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebagai bekal awal yang baik untuk masa depan anak. 

1. Meningkatkan kemampuan fisik dan emosional anak 

Kegiatan bermain sambil belajar yang diberikan oleh PAUD memilikI dampak positif bagi kemampuan fisik atau motorik dan emosional anak. Melalui interaksi yang dilakukan pada anak ketika sedang berkegiatan sangat membantu dalam mengembangkan rasa percaya dirinya. 

Melalui metode dan fasilitas yang diberikan untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan sekaligus bermanfaat bagi perkembangan otaknya, anak akan terbantu dalam mengontrol emosinya dan mendapatkan pendampingan dalam menggambarkan perasaannya.

Baca Juga : Apa Kata Mereka Tentang Pelayanan Super5 di Indonesia?

2. Meningkatkan efektivitas kinerja otak anak 

Anak pada usia dini merupakan masa-masa emas dalam perkembangan otaknya yang mampu meningkat hingga 80%. Melalui rangsangan pendidikan yang diberikan dan berbagai kegiatan yang menyenangkan, maka akan mengoptimalkan perkembangan otak anak.  

Peningkatan efektivitas kinerja otak yang baik pada anak, akan memberikan dampak positif. Dimana anak akan memahami dengan cepat makna berbagi, bergantian, dan bekerja sama. 

3. Membentuk karakter positif dalam diri anak 

Melalui PAUD anak akan mendapatkan pendampingan dalam pembentukan karakter. Pembentukan karakter positif seperti kejujuran, kedisiplinan, rasa hormat, hingga sikap toleransi pada sesama. Selain itu, dengan adanya PAUD anak dapat diajarkan untuk menjalin hubungan baik dengan teman seusianya atau orang disekitar. 

Peran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memang benar adanya sangat diperlukan oleh anak. Dimana anak masih cenderung memiliki keinginan untuk mengeksplore dan mengenal hal-hal baru. Sehingga dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak perlu adanya dukungan dari orangtua untuk memperhatikan pendidikan anak. 

Melihat betapa pentingnya PAUD bagi anak, CBN Indonesia hadir dalam memberikan dukungan dalam memperlengkapi kebutuhan perkembangan karakter dan pendidikan anak. Melalui Super5 yang telah dirancang khusus untuk menjangkau anak-anak usia 3 – 5 tahun dengan menggunakan kurikulum yang telah disesuaikan dengan kurikulum nasional dalam mengenal Tuhan Yesus dan pelajaran. 

Dukung terus salah satu program dari CBN Indonesia, yaitu Super5 agar kami dapat terus menjangkau dan memberikan pendampingan serta pendidikan yang berkualitas. Dukungan ini dapat kamu berikan dengan menjadi Mitra CBN Indonesia. 

 

DUKUNG SUPER5 CBN INDONESIA

Sumber : guruinovatif.id | kinderfieldhighfield.sch.id | morinagaplatinum.org
Halaman :
1

Ikuti Kami