Memberikan Pendidikan Moral pada Anak Sejak Dini, Begini Caranya...
Sumber: istockphoto.com

Parenting / 1 May 2023

Kalangan Sendiri

Memberikan Pendidikan Moral pada Anak Sejak Dini, Begini Caranya...

Aprita L Ekanaru Official Writer
2418

Mula-mula anak belajar bagaimana bertindak dan bersikap dengan moral yang benar, baru kemudian belajar bagaimana berpikir dengan moral yang benar. Sebab, sebagaimana orang berpikir tentang dirinya sendiri, demikianlah ia (Amsal 23-7a). Jadi, dua tahap pendidikan moral yang harus dilakukan yaitu, pengembangan perilaku moral dan pengembangan konsep moral. Yang pertama perbuatan, kemudian diikuti dengan pengertian.

 

BACA JUGA: Biar Anak Berani Hadapi Goliatnya, Jangan Selalu Melindunginya Tapi Ajarkanlah Hal Ini…

 

Langkah pertama menuju pemahaman moral adalah mengembangkan pola belajar yang tepat. Pola belajar yang terutama sekali akan mempengaruhi cara seorang anak di dalam melaksanakan instruksi, menerima pengarahan, koreksi, larangan, kebebasan serta bagaimana ia membina dan memperluas hubungan baru. Jadi, pola yang digunakan dalam mendidik anak sejak tahun pertama haruslah pola yang tepat.

Duduk diam, memperhatikan dan konsentrasi adalah juga kemampuan moral yang digunakan orang-orang intelek di dalam usaha meningkatkan kemampuan seorang anak. Pengendalian diri adalah hal yang dibutuhkan untuk duduk diam, mempertimbangkan dan memilih cara yang paling tepat untuk berkomunikasi adalah juga pengendalian diri yang akan menuntun anak-anak di sepanjang hidupnya kelak.

 

BACA JUGA: Anger Issues Pada Anak? Berikut 7 Cara Mengatasinya

 

Dapatkah orang tua mengubah intelektual anak? Tidak. Dapatkah mereka memaksimalkan atau membatasinya? Ya. Orang tua yang melatih hati anaknya pada dasarnya melatih anak itu secara keseluruhan. Sedangkan orang tua yang hanya melatih intelektual anak, bisa jadi hanya akan menghasilkan anak yang cerdas tetapi memiliki kemampuan moral yang lemah.

Sumber : Anne Marie Ezzo and Gary Ezzo | Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami