Memahami Arti Dunamis Menurut Alkitab
Sumber: https://thechristianmeditator.com/

Kata Alkitab / 1 May 2023

Kalangan Sendiri

Memahami Arti Dunamis Menurut Alkitab

Lori Official Writer
2913

Dunamis merupakan sebuah kata dalam bahasa Yunani yang memiliki arti “kekuatan”. Kata ini akhirnya menjadi asal dari kata-kata dalam bahasa Inggris seperti dynamite, dynamo, dan dynamic. Dynamite digunakan untuk meledakkan sesuatu, dynamo digunakan untuk menghasilkan listrik, dan dynamic digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang tidak pasif dan selalu bergerak.

Di dalam Alkitab sendiri kata Yunani dari dunamis diterjemahkan menggunakan berbagai kata. Ketika Yesus menyembuhkan seorang wanita yang sudah lama sakit, di versi Alkitab yang lebih tua menerjemahkan dunamis sebagai “kebajikan” yang mengalir dari Yesus ke wanita tersebut seperti ada tertulis dalam Markus 5:30, “Pada ketika itu juga Yesus mengetahui, bahwa ada tenaga yang keluar dari diri-Nya, lalu Ia berpaling di tengah orang banyak dan bertanya: ”Siapa yang menjamah jubah-Ku?”. Versi yang lebih baru dari Alkitab yang sama mengatakan bahwa “kekuatan” yang berasal dari Yesus mengalir keluar dari-Nya, yang sesuai dengan makna harfiah dari dunamis.

Alkitab juga sebenarnya banyak membahas tentang kekuatan (dunamis) Allah. Ibrani 1:3 menyatakan, “ Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah dan menopang segala yang ada dengan firman-Nya yang penuh kekuasaan. Dan setelah Ia selesai mengadakan penyucian dosa, Ia duduk di sebelah kanan Yang Mahabesar, di tempat yang tinggi”. Hal yang perlu kita perhatikan adlah Allah menopang segala yang ada.

Terkadang ada orang yang tidak memahami bahwa sebagai orang Kristen, Dunamis ini tersedia bagi para pengikut-Nya. Kisah Para Rasul 1:8 menyatakan, “Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.” Rasul Paulus juga menyatakan bahwa kekuatan (dunamis) Allah bekerja di dalam diri kita, seperti Efesus 3:20-21 katakan, “Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita, bagi Dialah kemuliaan di dalam jemaat dan di dalam Kristus Yesus turun-temurun sampai selama-lamanya.”

Lalu apa hubungannya semua ini dengan kita? Pahamilah bahwa “Dinamit” dari Tuhan akan meledakkan dosa-dosa seperti yang tertulis dalam Mikha 7:19, yaitu “Biarlah Ia kembali menyayangi kita, menghapuskan kesalahan-kesalahan kita dan melemparkan segala dosa kita ke dalam tubir-tubir laut.” Dia akan meledakkan dosa dan menggantinya dengan sesuatu yang lebih baik.

Kita juga dapat memperoleh kekuatan spiritual (dunamis) ini dengan mengambil keputusan untuk melayani Tuhan, menerima rencana keselamatan, dan memberikan hati kita kepada-Nya maka kita akan mengalami kekuatan yang baru.

Dia akan memberi kita “Dinamo” baru yang akan memberikan hidup kita kekutan untuk menghadapi segala musim kehidupan. Percayalah dengan kekuatan yang diberikan-Nya seperti yang Efesus 3:20-21 katakan “Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita, bagi Dialah kemuliaan di dalam jemaat dan di dalam Kristus Yesus turun-temurun sampai selama-lamanya. Amin.”

Halaman :
1

Ikuti Kami