Transformasi Anak di Desa Darit Melalui Ekosistem Pemuridan Holistik CBN
Sumber: Jawaban.com

Family / 20 April 2023

Kalangan Sendiri

Transformasi Anak di Desa Darit Melalui Ekosistem Pemuridan Holistik CBN

Lori Official Writer
1368

Di tahun 2023, CBN Indonesia akan fokus membangun ekosistem pemuridan holistik, yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan jasmani, rohani, dan kesejahteraan anak-anak dan orang tua. Saat ini, CBN sedang membangun 78 ekosistem pemuridan di seluruh Indonesia, mulai dari Jakarta, Jombang, Nias, Batam, Minahasa, Sumba hingga Papua.

Melalui ekosistem pemuridan ini, CBN menyediakan berbagai program pemuridan untuk anak usia 3 hingga 14 tahun beserta orang tuanya, mulai dari PAUD Super5, Superbook, Sanggar Belajar Anak SoL dan program Parenting untuk orang tua. Khusus untuk keluarga-keluarga prasejahtera, CBN juga menyediakan bantuan ekonomi dan kesehatan melalui program UMKM, kelompok tani, penyediaan air bersih, perbaikan gizi, dan kesehatan. Yang tujuannya adalah untuk memberi dampak transformatif bagi jasmani, rohani dan kesejahteraan hidup anak dan orang tua.

 

Baca Juga: Kesaksian 23 Guru: Tinggalkan Kota Besar ke Desa Hanya untuk Melayani Anak Desa – Elyana

 

Di bulan ini, CBN memperkenalkan ekosistem Desa Darit di Kalimantan Barat sebagai salah satu pemuridan yang holistik. Desa Darit merupakan salah satu wilayah di Kalimantan Barat, yang terletak sekitar 150-kilometer dari kota Pontianak. Desa ini dihuni oleh beragam suku, dengan mayoritas penduduknya merupakan Suku Dayak. Kehidupan masyarakat di desa ini sangat sederhana, dengan mayoritas pekerjaan warga adalah buruh sawit, penoreh karet, dan bertani. Berangkat bekerja sebelum matahari terbit dan pulang menjelang matahari terbenam menjadi rutinitas harian di desa ini. Dan orang tua terpaksa harus meninggalkan anak di rumah tanpa pengawasan dan perhatian demi menyambut hidup. Sementara ekonomi yang pas-pasan membuat orang tua tak mampu menyediakan makanan bergizi di rumah untuk dikonsumsi anak setiap hari. Sehingga stunting pada anak rentan terjadi di desa ini. Pun minat belajar yang rendah menjadi masalah yang mengancam masa depan anak.

Bersama GBI Kerajaan Allah Darit, CBN hadir memberikan solusi bagi anak-anak tersebut agar bertumbuh secara spiritual, karakter, dan akademik melalui program pemuridan anak PAUD Super5, Superbook, dan Sanggar Belajar Anak SoL. Untuk membangkitkan minat belajar, anak-anak diberikan bimbingan yang komprehensif oleh guru-guru setiap hari dan juga bimbingan rohani melalui animasi Alkitab Superbook setiap minggu.  

 

Baca Juga: Lewat Pelatihan dari Super5 Guru 52 Tahun Ini Akhirnya Bisa Operasikan Laptop

 

Sampai saat ini, sebanyak 74 anak SoL dan 17 anak Super5 terus dilayani setiap hari. Tim kemanusiaan CBN bekerja sama dengan OBI juga memberikan bantuan kepada lima keluarga prasejahtera berupa bantuan bibit sayur dan peralatan berkebun. Dari kebun sayur ini, keluarga bisa menambah pendapatan sekaligus bisa menambah kecukupan nutrisi bagi kesehatan keluarganya. 

 

Berikut dampak transformatif dari ekosistem pemuridan yang holistik CBN di Desa Darit, Kalimantan Barat.  

Devi Panus, yang akrab disapa Lepi, adalah salah satu anak yang aktif mengikuti program sekolah minggu Superbook dan Sanggar Belajar Anak SoL di GBI Kerajaan Allah Darit. Namun sebelum ikut pemuridan anak CBN, Lepi adalah anak yang menyimpan rasa benci ke papanya sejak dipukul di depan banyak orang. Ia juga merasa tak disayang mamanya karena perlakuan berbeda yang ia terima dengan sang adik. 

Bagaimana kisah Lepi selengkapnya? Klik link di bawah 

 

Kisah Transformasi Anak Kalimantan Barat

Halaman :
1

Ikuti Kami