Pandangan Alkitab Dalam Menggunakan Waktu Dengan Bijak
Sumber: pexels.com

Kata Alkitab / 13 April 2023

Kalangan Sendiri

Pandangan Alkitab Dalam Menggunakan Waktu Dengan Bijak

Wisnu Prianggani Contributor
1391

Siapa yang setuju jika waktu berlalu begitu cepat? Orang tua mungkin tidak sempat menyadari bahwa bayi kecilnya sudah mulai bisa berbicara dan berjalan dengan kedua kakinya sendiri. Pelajar sudah memasuki tahun terakhirnya di sekolah yang telah diimpikan sejak lama. Karyawan merasa bingung mengatur keuangan, padahal waktu gajian seperti baru satu minggu yang lalu. Ada banyak momen di mana kita merasa waktu berjalan begitu cepat tanpa kita sadari.

Dalam Alkitab, kita harus menyadari bahwa Tuhan bekerja dengan pandangan kekekalan waktu. Apa maksudnya? Dia dapat melihat bagaimana segala sesuatu saling berkaitan dalam waktu. Seperti yang diungkapkan dalam kitab Wahyu 1:8, yaitu "Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa." Tuhan menyatakan bahwa Ia adalah awal (Alfa) dan akhir (Omega) dari segalanya, oleh karena itu hal ini menunjukkan bahwa Tuhan selalu berada dalam kendali waktu dan tidak pernah berhenti bekerja. Kita harus percaya bahwa Tuhan pasti akan menyelesaikan semua yang Ia mulai kerjakan, termasuk rencana hidup kita yang dikasihi oleh-Nya.

 

Baca Juga: Hitunglah Hari-harimu Sedemikian dan Temukanlah Hikmat Dari Tuhan

 

Bagi kita, waktu adalah sumber daya yang sangat berharga. Dalam setiap proses, kita sering merasa bahwa waktu kita sangat terbatas dan akhirnya menjadi tertekan oleh banyaknya kegiatan yang harus dijalani. Oleh karena itu, agar lebih menghargai waktu, kita harus mampu melakukan manajemen waktu yang bijak sehingga dapat menyelesaikan hal-hal penting dalam keterbatasan waktu yang dimiliki. Meskipun waktu berlalu begitu cepat, pandangan dan jawaban tentang waktu dapat kita temukan di dalam Alkitab.

Seperti Alkitab yang mengajarkan kita untuk menggunakan waktu dengan bijak dan memperhatikan nilai kekekalan dalam segala sesuatu yang kita lakukan. Efesus 5:15-16, “Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat.”

Bagaimana caranya agar kita bisa memandang waktu dengan bijaksana dan tepat? Kita perlu melihat waktu seperti yang dilihat oleh Tuhan, yaitu dengan mempertimbangkan nilai kekekalan. Saat kita memandang waktu, kita harus memikirkan apakah hal yang kita lakukan memiliki nilai atau tidak. Dengan begitu, kita bisa menghindari membuang-buang waktu untuk hal yang tidak penting dan menggunakan waktu kita untuk melakukan hal-hal yang benar-benar penting.

 

Baca Juga: Kenapa Kita Harus Menunggu Waktu-Nya Tuhan yang Tak Kunjung Datang?

 

Ketika kita mulai memandang waktu seperti yang dilihat oleh Tuhan, maka hal ini akan membantu kita menghindari membuang-buang waktu pada hal-hal yang tidak penting dan sebaliknya, menggunakan waktu kita untuk melakukan hal-hal yang benar-benar penting. Kita harus berusaha hidup dengan bijaksana, memperhatikan kepentingan orang lain, dan mencari kesempatan untuk melayani Allah dalam setiap waktu yang kita miliki. Dengan begitu, kita dapat menggunakan waktu yang kita miliki dengan bijak dan menghargai sumber daya yang sangat berharga tersebut.

Halaman :
1

Ikuti Kami