Paus Fransiskus Dirawat di Rumah Sakit, Kini Sudah Pulang ke Vatikan
Sumber: img.inews.co.id

News / 4 April 2023

Kalangan Sendiri

Paus Fransiskus Dirawat di Rumah Sakit, Kini Sudah Pulang ke Vatikan

Claudia Jessica Official Writer
900

Paus Fransiskus dirawat di rumah sakit pada hari Rabu (29/03/2023) karena infeksi paru-paru (bronkitis) yang membuatnya kesulitan bernafas selama beberapa hari terakhir. Paus mendapatkan perawatan selama beberapa hari.

Menurut keterangan Matteo Bruni, juru bicara Paus Fransiskus, saat ini Paus berusia 86 tahun dan tidak mengidap Covid-19.

Ini adalah kali pertama bagi Paus Fransiskus dirawat di rumah sakit setelah mendapat perawatan terakhirnya pada Juli 2021 karena mengangkat 33 cm usus besarnya.

Peristiwa ini menimbulkan banyak pertanyaan tentang kesehatan Paus Fransiskus serta kemampuannya untuk merayakan perayaan Pekan Suci yang padat yang dimulai dengan Minggu Palma pada tanggal 2 April kemarin.

Bruni mengatakan bahwa Paus Fransiskus menderita masalah pernafasan selama beberapa hari terakhir dan memutuskan untuk menjalani pemeriksaan di rumah sakit Gemelli.

“Hasil tes menunjukkan infeksi pernapasan (bukan infeksi Covid-19) yang membutuhkan beberapa hari perawatan medis,” jelas Bruni dalam pernyataannya.

Untuk diketahui, sebagian paru-paru Paus Fransiskus sempat diangkat ketika ia masih muda karena infeksi saluran pernafasan, maka tak heran jika ia sering berbicara dengan berbisik. Namun ia berhasil melewati masa-masa terburuk dari pandemi Covid-19 tanpa terpapar.

Paus Fransiskus seharusnya merayakan Minggu Palma di hari Minggu (02/04/2023) untuk memulai Pekan Paskah Vatikan: Kamis Putih, Jumat Agung, Vigili Paskah, dan akhirnya Minggu Paskah pada 9 April. Namun ia telah membatalkan semua kegiatan hingga hari Jumat mendatang.

Kini, Paus Fransiskus sudah pulang dari rumah sakit dan kembali ke Vatikan.

“Saya masih hidup,” kata Paus Fransiskus kepada wartawan yang menunggunya keluar dari rumah sakit.

Meski keluar dengan menggunakan tongkat, Paus Fransiskus mengatakan kalau kondisi tubuhnya sudah baik-baik saja dan ia hanya perlu istirahat lebih banyak.

“Sekarang aku butuh tidur selama empat hati,” ujar Paus Fransiskus dengan candaannya.

Sumber : CBN News
Halaman :
1

Ikuti Kami