6 Makna Simbol yang Menjadi Ikonik Saat Perayaan Paskah
Sumber: bravaradio.com

Kata Alkitab / 3 April 2023

Kalangan Sendiri

6 Makna Simbol yang Menjadi Ikonik Saat Perayaan Paskah

Bella Tiurma Official Writer
23975269

Perayaan Paskah sebagi hari untuk memperingati kebangkitan Tuhan Yesus. Dimana Kebangkitan Yesus sendiri adalah sebuah momentum bagi umat Kristiani untuk memperbaharui diri, dengan harapan dapat menjadi pribadi yang rendah hati dan percaya kepada Tuhan Yesus akan selalu membimbing kita. 

Paskah memberikan kesan dan pesan yang penuh makna bagi setiap umat Kristiani yang merayakannya. Perayaan Paskah dilaksanakan pada hari Minggu pertama setelah bulan purnama sesudah titik balik musim semi. Dimana dalam perayaan paskah ini tentu memiliki beberapa simbol yang menjadi ikonik. 

Simbol-simbol yang sering muncul pada setiap perayaan Paskah pasti memiliki makna dan arti tersendiri. Berikut ini 6 makna simbol yang menjadi ikonik dalam merayakan Paskah. 

Baca Juga : Apa Sebenarnya yang Alkitab Katakan Tentang Paskah?

1. Telur 

Bagi umat Kristiani, telur sebagai simbol dari kebangkitan Yesus Kristus. Dalam filosofinya, telur dipahami tidak hidup dan tidak bergerak, tetapi di dalam telur tentu memiliki kehidupan yang nyata sampai menetas. Dimana cangkang telur melambangkan dinding batu kubur Yesus, sementara isi telur melambangkan kehidupan baru atau kebangkitan Yesus dari kubur. 

Disetiap rangkaian perayaan paskah, gereja-gereja akan mengadakan kegiatan menghias telur untuk anak-anak. Dimana kegiatan ini dapat dimaknai dengan umat Kristiani dapat lebih mengenal Yesus Kristus melalui ajaran yang Ia sampaikan, yaitu kebersamaan.  

2. Kelinci 

Simbol ikonik lainnya adalah kelinci, hewan yang memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang dianggap cepat. Karena berkembang biak secara energik pada permulaan musim semi. Sehingga dianggap sebagai perwakilan arti dari kesuburan Paskah, dan dianalogikan sebagai hewan yang membawakan telur bagi umat Kristiani.

Kelinci yang membawa telur memiliki arti sebagai pembawa kedamaian pada Kebangkitan Yesus Kristus. Dan juga, kelinci memiliki arti sebagai hewan yang membagikan sukacita bagi setiap orang.

Baca Juga : 5 Simbol yang Identik Dengan Orang Kristen

3. Roti 

Roti sebagai simbol untuk mengenang pengorbanan dan pembebasan Yesus. Dimana Tuhan Yesus berpesan bahwa roti adalah seperti bagian tubuhnya, sementara  Yesus sendiri sebagai kepalanya. Hal ini berarti bahwa Yesus menginginkan umat-Nya untuk dapat fokus beribadah sehingga dapat menjadi bagian dari tubuh-Nya. 

Oleh karena itu, makna roti dalam perayaan Paskah adalah sebuah momen mengenang dan membuat umat Kristiani agar dapat lebih fokus lagi dalam beribadah. 

4. Lilin 

Lilin paskah yang biasanya dinyalakan oleh gereja-gereja dimalam Paskah, dilambangkan sebagai Yesus yang menjadi terang dan harapan bagi umat Kristiani. Dimana pada cahaya lilin memiliki makna sebagai lambang kebangkitan Yesus Kristus dan membantu setiap umat Kristiani berjalan dalam terang.

Baca Juga : Bingung Mau Kirim Ucapan Apa Saat Paskah Nanti? Berikut 15 Ucapan Yang Bisa Kamu Gunakan!

5. Salib 

Salib yang terdapat pada lilin Paskah sebagai lambang pengorbanan Yesus, dimana salib merupakan bagaimana proses kematian Yesus sebelum Ia dikubur dan bangkit. Salib juga memiliki makna bagaimana pengorbanan Tuhan Yesus untuk menebus dosa-dosa manusia dengan merelakan nyawanya untuk mati di kayu salib. 

6. Kupu-kupu 

Proses kehidupan kupu-kupu dapat dilambangkan sebagai kehidupan Yesus Kristus. Dimana sebelum menjadi kupu-kupu cantik, melalui tahap menjadi ulat yang dilambangkan sebagai kehidupan Yesus di bumi. Dilanjutkan dengan tahap menjadi kempompong, yang memiliki makna kematian Yesus di kayu salib dan dikubur. Lalu tahap terakhir setelah kempompong menjadi kupu-kupu, hal ini dimaknai sebagai kebangkitan Yesus Kristus dari antara orang mati. 

Itulah 6 simbol ikonik Paskah dengan makna filosofis dibaliknya. Semoga melalui perayaan Paskah ini, umat Kristiani belajar menjadi pribadi yang lebih rendah hati dan percaya bahwa cahaya Yesus selalu beserta orang percaya.

Sumber : liputan6.com | kumparan.com
Halaman :
1

Ikuti Kami