Kenapa Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20? Berikut Kronologi Kejadiannya
Sumber: canva.com

News / 30 March 2023

Kalangan Sendiri

Kenapa Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20? Berikut Kronologi Kejadiannya

Claudia Jessica Official Writer
1676

Piala Dunia U-20 2023 yang rencananya akan diselenggarakan di Indonesia sebagai tuan rumah, secara resmi dibatalkan oleh FIFA. Keputusan ini diumumkan oleh FIFA melalui situs resminya pada Rabu (29/03/2023) malam.

“Menyusul pertemuan hari ini antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Presiden Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir, FIFA telah memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk menghapus Indonesia sebagai tuan rumah FIFA U-20 World Cup 2023,” tulis FIFA dalam situs resminya FIFA.com.

Sementara itu, FIFA masih belum menentukan tuan rumah baru untuk menyelenggarakan piala dunia U-20

“Tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin, dengan tanggal turnamen saat ini tetap tidak berubah.”

Salah satu alasan Indonesia dibatalkan menjadi tuan rumah di Piala Dunia U-20 2023 adalah penolakan Indonesia terhadap timnas Israel yang menjadi salah satu peserta Piala Dunia U-20.

 

BACA JUGA: Simbol Pelangi LGBT Dilarang di Piala Dunia 2022, Bagaimana Umat Kristen Menyikapinya?

 

Untuk diketahui, Indonesia sendiri dipilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 sejak Oktober 2019 lalu, dan Israel secara resmi menjadi peserta Piala Dunia pada Juni 2022 lalu.

Penolakan Indonesia terhadap Israel muncul di media sosial sejak Maret 2023. Penolakan datang dari berbagai kalangan, mulai dari masyarakat, organisasi massa, organisasi keagamaan, hingga pejabat publik. Gubernur Bali, I Wayan Koster bahkan mengirimkan surat kepada Menpora RI yang meminta agar Israel tidak bertanding di Provinsi Bali.

Sejumlah massa juga menggelar aksi unjuk rasa untuk menentang kehadiran timnas Israel berlaga di Indonesia. Penolakan ini didasari oleh tak adanya hubungan diplomasi resmi antara pemerintah Indonesia dengan Israel.

Penolakan juga disampaikan oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Gonjang-ganjing penolakan terhadap Israel terus menyeruak dan berujung pada keputusan FIFA yang membatalkan undian atau drawing Piala Dunia U-20 2023 yang harusnya digelar di Bali pada 31 Maret 2023.

 

BACA JUGA: 9 Peristiwa Menghebohkan Dunia Olahraga Tahun 2014

 

Akibat dari kejadian ini, isu pembatalan status tuan rumah Indonesia terus merebak dan FIFA akhirnya membuat keputusan bulat untuk membatalkan status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 pada Rabu (29/03/2023) malam.

Tak hanya itu, FIFA juga menyatakan bahwa Indonesia berpotensi diberikan sanksi. FIFA juga menggarisbawahi meski berpotensi menerima sanksi, FIFA masih berkomitmen untuk membantu PSSI.

“Potensi sanksi terhadap PSSI juga dapat diputuskan pada tahap selanjutnya. FIFA ingin menggarisbawahi bahwa terlepas dari keputusan tersebut, tetap berkomitmen untuk aktif membantu PSSI, bekerja sama erat dan dengan dukungan pemerintahan Presiden Widodo, dalam proses transformasi sepak bola Indonesia pasca tragedi yang terjadi pada Oktober 2022.”

FIFA masih akan hadir bagi Indonesia dan akan segera mengadakan pertemuan dengan Erick Thohir.

“Anggota tim FIFA akan terus hadir di Indonesia dalam beberapa bulan mendatang dan akan memberikan bantuan yang diperlukan kepada PSSI, di bawah kepemimpinan Presiden Thohir. Pertemuan baru antara Presiden FIFA dan Presiden PSSI untuk pembahasan lebih lanjut akan dijadwalkan dalam waktu dekat.

Sumber : fifa
Halaman :
1

Ikuti Kami