Hati yang Murni di Hadapan Tuhan
Kalangan Sendiri

Hati yang Murni di Hadapan Tuhan

Yenny Budhihartono Contributor
      994

Yeremia 17:10

“Aku, Tuhan, yang menyelidiki hati, yang menguji batin, untuk memberi balasan kepada setiap orang setimpal dengan tingkah langkahnya, setimpal dengan hasil perbuatannya.”

 

Bacaan Alkitab setahun: Mazmur 90; Lukas 2; Ulangan 26-27

Hati manusia adalah bagian paling rahasia dan terdalam dari sisi manusia yang tidak bisa dibaca, dilihat ataupun diterka. Hanya Tuhan saja yang mampu mengetahui segala sesuatu yang ada di dalam hati manusia itu. Itu sebabnya penting bagi kita menjaga hati dan pikiran kita untuk tetap murni di hadapan Tuhan.

Daud pernah berdoa kepada Tuhan memohon agar Tuhan selalu menjaga hatinya dan motivasi hidupnya untuk tetap berpaut kepada Tuhan, bahkan Daud berdoa meminta Tuhan untuk menjaga jalan hidupnya agar tidak serong.

Mazmur 139:23-24 “Selidikilah aku, ya Allah, dan kenallah hatiku, ujilah aku dan kenallah pikiran-pikiranku; lihatlah, apakah jalanku serong, dan tuntunlah aku di jalan yang kekal!”

Kesadaran dari Daud inilah yang harus dimiliki oleh kita sebagai orang percaya. Karena seringkali motivasi hati kita itu tidak murni dan hanya berisi tentang bagaimana membuat hidup kita baik dan bahagia. Terkadang kita melupakan apa yang menjadi kebahagiaan bagi Tuhan. Itu sebabnya nabi Yeremia menuliskan bahwa hati yang tidak murni di hadapan Tuhan bisa menjadi licik tanpa ada seseorang pun yang dapat mengetahuinya, dan itu bisa menuntun kita kepada perbuatan yang jahat.

Yeremia 17:9 “Betapa liciknya hati, lebih licik daripada segala sesuatu, hatinya sudah membatu: siapakah yang dapat mengetahuinya?”

Mari kita menjaga hati kita untuk tetap murni dihadapan Tuhan, dengan mengisinya dengan hal-hal yang menjadi kehendak Tuhan. Seperti mendekatkan hubungan kita dengan Tuhan, merenungkan dan membaca perkataan Tuhan siang dan malam. Dan ketika kita diperhadapkan kepada keputusan, kita memilih untuk melakukan apa yang menjadi kehendak Tuhan. Kita perlu menjaga hati kita tetap murni dan menjaga hidup kita untuk tetap berjalan lurus di jalannya Tuhan. Ingatlah bahwa apapun yang kita perbuat tidak ada satupun yang dapat lolos dari pandangan-Nya dan apa yang kita perbuat pasti akan kita tuai.

Amsal 4:23 “Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.”

Tuhan Yesus memberkati.

Ikuti Kami