Manfaat Menabung yang Disebutkan dalam Alkitab
Sumber: canva.com

Finance / 29 March 2023

Kalangan Sendiri

Manfaat Menabung yang Disebutkan dalam Alkitab

Claudia Jessica Official Writer
1401

Kita tahu bahwa tabungan adalah salah satu hal yang diperlukan dalam hidup karena dapat membantu mempersiapkan diri menghadapi masa depan yang lebih baik maupun menghadapi keadaan yang tidak terduga.

Selain itu, menabung juga dapat membantu Anda mengembangkan kebiasaan pengelolaan keuangan yang lebih baik, seperti disiplin dalam pengeluaran dan prioritas dalam penggunaan uang. Dengan menabung secara teratur, Anda juga dapat menciptakan keamanan finansial dan merasa lebih tenang dalam menghadapi situasi tak terduga di masa depan.

Tahukah Anda bahwa Alkitab juga menyebutkan beberapa cara tentang kegunaan uang tabungan? Menurut Alkitab, ada 6 manfaat yang bisa kita dapatkan melalui uang tabungan, yaitu:

1. Sebagai kebutuhan dasar seperti makan dan tempat tinggal

Salah satu kegunaan uang yang paling pertama dalam Alkitab adalah untuk digunakan memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan dan tempat tinggal. Uang tabungan juga dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan lain dalam hidup, misalnya untuk membangun rumah hingga mengembangkan sebuah kota.

(Ulangan 2:6, Ulangan 2:28, Pengkhotbah 10:19, Amsal 10:15, Amsal 18:11)

2. Bersiap untuk keadaan darurat

Yusuf diberikan hikmat oleh Tuhan untuk menafsirkan mimpi Firaun, pemimpin Mesir. Yusuf memperingatkan mereka tentang 7 tahun kelimpahan yang akan datang diikuti dengan 7 tahun kelaparan. Yusuf menggunakan hikmat yang Tuhan berikan ini untuk memperingatkan orang Mesir untuk mengumpulkan makanan selama bertahun-tahun.

Ketika kelaparan melanda seluruh wilayah hingga tidak ada makanan dimana pun kecuali di wilayah Mesir. Berkat kasih karunia Tuhan, Yusuf dan penduduk di Mesir sudah mempersiapkan diri dan menyimpan banyak makanan. Karena itulah mereka tidak hanya berhasil bertahan hidup, tetapi juga membantu orang-orang dari daerah lain yang datang kepada mereka untuk meminta makanan.

(Kejadian 41:35, Kejadian 41:48)

Uang juga dapat membantu membayar perawatan kesehatan yang diperlukan untuk menyelamatkan nyawa. Ini bisa menjadi bentuk perlindungan terhadap bencana. Namun Alkitab memperingatkan kita untuk tidak menaruh kepercayaan pada tabungan kita. Kita perlu menaruh kepercayaan kita pada karakter Allah dan kesetiaan-Nya.

(2 Raja-raja 6:25, Amsal 13:8, Pengkhotbah 7:12, Yeremia 41:8)

3. Warisan untuk anak-anak

Uang yang disimpan dapat diberikan kepada anak-anak sebagai warisan. Ini bisa jadi bentuk kasih sayang yang memberikan dan meninggalkan warisan atau contoh yang baik kepada anak-anak Anda bahwa Anda telah melakukan tugas Anda sebagai orang tua dalam hidup mereka. 

Namun bagaimana anak-anak akan menggunakan uang itu akan sangat bergantung pada mereka. Selain mewariskan uang kepada anak, juga harus mendidik anak bagaimana menggunakan uang dengan hikmat dari Tuhan. Sehingga ketika mereka mewarisi uang itu, mereka bisa menjadi pelayan yang baik dan melanjutkan warisan Anda.

(Mazmur 17:14b, Amsal 13:22, Amsal 19:14)

4. Memberi kepada orang lain yang membutuhkan

Uang dapat digunakan untuk membantu orang lain yang membutuhkan, memenuhi kekurangan mereka, dan berbuat baik. 

(2 Korintus 6:10, 2 Korintus 8:2, 1 Timotius 6:18)

5. Menyembah dan melayani Tuhan

Alkitab berbicara panjang lebar tentang penggunaan uang yang dimiliki seseorang untuk membangun bait suci Tuhan dan menggunakannya dalam cara-cara menyembah Tuhan. Di mana harta berada, di situ pula hati berada. 

Ketika kita mengasihi Tuhan dengan segenap hati kita, tanggapan yang wajar adalah memberikan kembali sebagian dari apa yang Tuhan berikan kepada kita. Itu semua adalah miliknya sejak awal.

(Matius 2:11, Markus 12:41, Keluaran 35:22, Keluaran 35:24, 1 Tawarikh 18:11, 1 Tawarikh 22:14, Ezra 7:27, Ezra 8:28)

Sumber : stewardship.com
Halaman :
1

Ikuti Kami