Rayakan 110 Tahun Injil Masuk Toraja, Begini Perayaan Besar yang Dilakukan Gereja Toraja
Sumber: Google Image

News / 21 March 2023

Kalangan Sendiri

Rayakan 110 Tahun Injil Masuk Toraja, Begini Perayaan Besar yang Dilakukan Gereja Toraja

Wisnu Prianggani Contributor
1664

Sebagai bentuk rasa syukur dari hadirnya Injil 110 tahun yang lalu di tanah Toraja, Salah satu anggota Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI), yaitu Sinode Gereja Toraja (GT) menggelar perayaan untuk memperingati peristiwa bersejarah tersebut.

Perayaan Injil Masuk Toraja (IMT) pada tahun 2023 ini diisi dengan beragam kegiatan sepanjang dua minggu lamanya secara simultan. Kegiatan itu diantaranya adalah Ibadah Raya 1 dan 2, parade budaya, bakti sosial membersihkan sungai, pembenahan Salib Singki, bedah rumah sebanyak 110 rumah yang tersebar di seluruh pelayanan Gereja Toraja, pemberdayaan ekonomi kreatif, renovasi makam dan museum Van De Loosdrecht, serta lomba kreativitas generasi muda.

Selain itu beberapa kegiatan Perayaan Injil Masuk Toraja (IMT) ini benar-benar mempromosikan budaya lokal Toraja, seperti busana daerah, kuliner, lagu-lagu, tarian, drama, aksesoris, musik, dan semua yang memiliki khas Toraja. Tidak bisa dipungkiri bahwa perayaan ini benar-benar mendongkrak perekonomian warga lokal Toraja karena kedatangan wisatawan yang tertarik untuk menyaksikan serangkaian acara yang sudah dikoordinir dengan baik oleh panitia, baik domestik maupun mancanegara.

 

Baca Juga: PGI Nilai Vonis Hukuman Mati Ferdy Sambo Berlebihan, Bagaimana Kita Menyikapi Kasus Ini?

 

Ibadah Raya 1 sudah dilaksanakan pada 9 Maret lalu di Plaza Makale, Tana Toraja. Ibadah ini diawali dengan parade dan atraksi bendera dari siswa SMP, SMA dan SMK Kristen Makale. Kemudian dilanjutkan dengan drama dan cerita singkat kehidupan orang Toraja masa sebelum Injil masuk Toraja. Ibadah 1 ini dihadiri oleh pejabat pemerintahan dari kedua kabupaten, Tana Toraja dan Toraja Utara, ribuan pendeta dan anggota jemaat yang berasal dari utusan jemaat-jemaat Gereja Toraja (GT).

Sedangkan puncak perayaan 110 Injil Masuk Toraja (IMT) 2023 ini adalah Ibadah Raya 2 yang sudah diadakan pada hari Sabtu (18/3/2023) di halaman gedung Gereja Toraja Jemaat Rantepao, Toraja, Sulawesi Selatan, Di samping kantor BPS. Gereja Toraja ini adalah gereja pertama yang dibangun dengan struktur ornamen bangunannya masih dipertahankan.

 

Baca Juga: Budget Minim, Toraja Siap Tahbiskan Gereja Hasil 'Patungan' Perantau Yang Artistik Ini

 

Tentu saja perayaan puncak ini juga dihadiri oleh seluruh jemaat-jemaat Gereja Toraja (GT) dari berbagai daerah dan memadati lokasi gedung Gereja Toraja Jemaat Rantepao. Ketua umum PGI, Dirjen Bimas Kristen, dan ketua-ketua Sinode lainnya juga di undang pada acara perayaan ini.

Melalui khotbahnya, Ketua Umum PGI, Pdt. Gomar Gultom menyampaikan pesan bahwa perayaan 110 Injil Masuk Toraja (IMT) ini adalah momen bagi gereja toraja diingatkan untuk terus menghidupi Injil, dimana kegerakan ini didorong oleh kasih Kristus yang penuh pengampunan dan telah memenangkan setiap orang. Dia menegaskan bahwa keselamatan yang kita peroleh bukan karena kekuatan sendiri, melainkan oleh karena kasih karunia Tuhan.

Halaman :
1

Ikuti Kami